SMPN 11 Mataram Gelar Penilaian Akhir Gunakan Media HP

0

Mataram (Suara NTB) –  SMPN 11 Mataram terus melakukan inovasi ke arah yang lebih baik. Salah satu terobosannya, pada penilaian Sumatif Akhir Semester (SAS) genap ini peserta didik memanfaatkan HP android bagi siswa kelas VII dan VIII. Pelaksanaan SAS ini berlangsung mulai dari tanggal 12 – 17 Juni 2023. Sistem SAS berbasis android ini bertujuan untuk efisiensi anggaran serta sebagai bentuk penerapan upaya pengurangan penggunaan kertas.

Kepala SMPN 11 Mataram, H. Azizudin mengatakan Penilaian SAS menggunakan aplikasi android memang lebih praktis, mudah, dan anggaran pun murah. Guru, tenaga kependidikan dan siswa kelas VII, VIII menyambut baik atas diizinkannya mereka membawa HP di sekolah, ketika pembelajaran sehari-hari sebagaimana biasa siswa tidak diizinkan membawa HP.

“Namun kali ini untuk dimanfaatkan sebagai media penilaian dengan aplikasi Google Form karena akan berjalan lebih cepat, hemat dan siswa tidak harus sibuk menulis, menghapus jawaban yang salah di kertas dan hasil dari tes langsung bisa diketahui,” jelas Azizudin.

Pihak sekolah akan selalu menfasilitasi semua kegiatan positif demi mewujudkan sekolah berkemajuan. Ia berharap dengan adanya SAS berbasis Android ini akan mempermudah proses evaluasi siswa. Diharapkan juga berjalan lancar tanpa kendala selama penilaian Sumatif Akhir semester ini berlangsung.

Sementara untuk siswa yang tidak memiliki HP, sudah disiapkan ruangan di Laboratorium Komputer tempat mengerjakan soal Sumatif Akhir Semester. “Jadi kita terus untuk mencoba karena jika hal ini memudahkan dan menyenangkan siswa mengapa tidak untuk terus kita tingkatkan pada kegiatan berikutnya. Karena itu kami menyambut baik SAS berbasis android  karena lebih simple dan praktis,” ungkap Azizudin.

Panitia Pelaksana Penilaian Sumatif Akhir Semester (SAS), Muhammad Saing mengatakan, sebelum siswa melaksanakan SAS terlebih dahulu diadakan simulasi atau uji coba pada Sabtu, 10 Juni 2023 agar siswa mengetahui strategi mengerjakan sehingga menimalisir kesalahan dalam mengerjakan SAS.

“Alhamdulilah, hingga hari terakhir pelaksanaan SAS dapat berjalan dengan lancar dan jika ada siswa yang mempunyai permasalahan dalam mengerjakan bisa melaksanakan di ruang Laboratorium Komputer,” pungkasnya. (ron)