Mahasiswa Fakultas Hukum Ummat Juara 1 Lomba Debat Konstitusi Tingkat Provinsi NTB

0

Mataram (Suara NTB) –  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram (FH Ummat) menyelenggarakan Lomba Debat Konstitusi tingkat Provinsi NTB, pada Senin, 12 Juni 2023, dengan mengambil tema yang diusung adalah “Konstitusionalisme dalam Dinamika Negara Hukum yang Demokratis”.

Lomba ini diikuti 13 tim yang berasal dari sejumlah mahasiswa perguruan tinggi di NTB, antara lain Universitas Tehnik Sumbawa, Universitas Gunung Rinjani, Universitas Islam Negeri Mataram, Universitas Al-Azhar Mataram, Universitas 45 Mataram, Universitas Mataram, dan Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat). Kompetisi dilaksanakan dari 11 – 12 juni 2023 di Auditorium H. Anwar Ikraman Ummat.

Ketua Panitia, Fadil Putra Ramadhan mengatakan lomba ini bertujuan untuk mensosialisasikan nilai-nilai UUD NRI 1945 dan meningkatkan kesadaran berkonstitusi, mengembangkan budaya perbedaan pendapat secara komprehensif dan memahami implementasi konstitusi dalam kehidupan negara hukum yang demokratis, serta menyerap ide dan gagasan terbarukan mahasiswa terkait kontitusi dan dinamika ketatanegaraan yang disampaikan secara ilmiah dan berdasar hukum dan konstitusi.

“Serta poin penting dalam kegiatan ini bukanlah siapa yang menjadi juaranya nanti akan tetapi kegiatan ini adalah sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa khususnya mahasiswa fakultas hukum yang ada dinusa tenggara Barat dan semoga kegiatan seperti ini tetap akan terjadi laksanakan untuk tahun- selanjutnya,” ujarnya

Wakil Rektor I Ummat, Dr. Harry Irawan Johari S.Hut., M.Si., yang mewakili Rektor Umamt dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan lomba debat konstitusi tersebut, sangat mengapresiasi terselenggaranya lomba ini. Diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam peningkatan wawasan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa khususnya dalam hal berkomunikasi dan berargumentasi guna menguatkan kapasitas keilmuan mahasiswa di bidang hukum.

“Yang paling penting bisa mempererat tali silaturahim mahasiswa FH Ummat dengan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Hukum dari Perguruan Tinggi se-NTB,” ujarnya

Dalam Lomba Debat Konstitusi tingkat Provinsi NTB, mahasiswa FH Ummat berhasil meraih prestasi dalam kompetisi debat konstitusi tersebut, mereka adalah Ayu Febrianti Nurhaliza, Khotin Salwa, dan Baiq Jannati Luklu’il Maknun. Mereka berhasil menjadi juara I, sedangkan juara II diraih FH Unram, dan juara ke III oleh FH UIN.

Dekan FH Ummat, Dr. Hilman Syahrial, SH., MH., menyampaikan rasa syukur atas capaian prestasi para mahasiswanya tersebut. “Kami tentunya merasa sangat bersyukur dan berbangga atas keberhasilan para mahasiswa Fakultas Hukum Ummat. Alhamdulillah mereka berhasil menjadi juara I di lomba debat konstitusi tingkat provinsi NTB karena ini lomba yang tidak mudah, persaingannya sangat ketat. Semua tim terbaik dari universitas negeri dan swasta turun di lomba ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut lagi ia mengatakan, dengan diraihnya prestasi ini, begitu juga prestasi juara nasional lomba KTI bidang hukum akhir tahun 2022 menunjukkan bahwa secara kualitas mahasiswa FH Ummat punya kapasitas keilmuan yang baik. Hal ini tentu lahir dari proses pembelajaran dengan sarana pendukung seperti dosen, media pembelajaran dan lain-lain yang juga berkualitas sehingga tidak mengherankan hasil yang diraih juga maksimal.

“Prestasi-prestasi ini diharapkan pada akhirnya dapat menghantarkan Fakultas Hukum Ummat nantinya bisa meraih akreditasi unggul sebagaimana kita harapkan bersama,” ujarnya. (ron/*)