Audisi Gita Bahana Nusantara, Empat Orang Wakili NTB Bernyanyi di Istana Negara saat HUT Kemerdekaan

Mataram (Suara NTB) –  Empat orang terpilih mewakili Provinsi NTB untuk bergabung dengan peserta dari provinsi lain dalam paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) di Istana Negara saat HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023. Mereka terpilih melalui audisi Gita Bahana Nusantara tingkat provinsi NTB di Taman Budaya Provinsi NTB, pada Kamis, 15 Juni 2023.

Dari 45 perwakilan kabupaten/kota yang lolos audisi Gita Bahana Nusantara tingkat provinsi NTB, sebanyak empat orang terpilih mewakili NTB. Pengumuman terpilih dibacakan langsung oleh juri dari pusat yang juga pelatih Gita Bahana Nusantara. Keempat orang itu yaitu Agnesia Triana Dewi untuk jenis suara Alto, Monica Pat Sili untuk jenis suara sopran, Kaisar Agung Christian untuk jenis suara tenor, dan Lalu Fahril Dwi Suryadi untuk jenis suara bass.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., seusai memberikan sertifikat kepada para pemenang mengatakan, momen audisi GBN ini selalu ditunggu setiap tahun.

“Oleh karenanya adik-adik sudah berikhtiar maksimal untuk mengeluarkan potensi untuk menunjukkan kemampuan terbaik. Namun dari yang baik itu harus dipilih yang paling baik, saya ucapkan selamat kepada empat orang itu yang akan mewakili NTB,” ujar Aidy Furqan.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud NTB, Lalu Abdurrahim, S.Pd., M.H., mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pemerintah pusat untuk merekrut kelompok paduan suara untuk kegiatan HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus di Istana Negara. Dalam konteks daerah, audisi Gita Bahana Nusantara merupakan momentum kepedulian Gubernur NTB dalam rangka program pemajuan kebudayaan lewat program Dinas Dikbud NTB.

“Sehingga sangat tepat (audisi) ini lewat lingkungan pendidikan. Jadi Kepala Dinas Ddikbud memerintahkan kami untuk menyeleksi secara terbuka kepada siapa saja di lingkungan sekolah yang berkompeten, terutama diwajibkan mereka bisa baca notasi, sehingga diharapkan ke depan anak SD dan SMP bisa mempelajari notasi,” ujarnya yang juga Ketua Panitia Audisi GBN.

Lalu Abdurrahim mengungkapkan, juri audisi GBN tidak diganti dari seleksi awal di kabupaten/kota. Khusus juru di audisi GBN tingkat provinsi ada juri dari Kemendikbudristek yang juga pelatih GBN. Penggunaan juri dari pusat sebagai upaya menjaga objektivitas dalam pemilihan wakil NTB ke nasional.

Juri dari pusat yang sekaligus pelatih GBN, Sukanti membacakan hasil audisi di akhir sesi. Saat pembukaan ia menyampaikan, pihaknya sangat senang bisa hadir di NTB untuk menyaksikan potensi anak-anak muda yang mengikuti audisi GBN. Ia menjelaskan, GBN merupakan kelompok yang terdiri dari orkestra dan paduan suara yang tampil di Istana Negara.

Gubernur NTB diwakili Asisten 1 Setda Provinsi NTB H. Fathurrahman dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan menyambut baik audisi GBN.
“Para peserta adalah duta musik NTB yang akan membawa semangat dan keindahan NTB ke panggung nasional,” ujarnya. (ron)

RELATED ARTICLES









Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Apel Perdana Bersama Seluruh ASN, Ini Pesan Pj Gubernur NTB kepada...

0
Mataram (Suara NTB) - Memimpin apel perdana bersama seluruh ASN lingkup Pemprov NTB, Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs. H. L. Gita Ariadi, M.Si., memberikan...

Latest Posts

Apel Perdana Bersama Seluruh ASN, Ini Pesan Pj Gubernur NTB kepada para ASN Muda

Mataram (Suara NTB) - Memimpin apel perdana bersama seluruh...

Bang Zul Bangga MXGP Samota dan Lombok Raih Dua Penghargaan di Tengah Keterbatasan

Mataram (Suara NTB) - Event balap Motocross Grand Prix...

Old Story Never Fade, Cerita Bahri Bima Pria Difabel Yang Tetap Update Lewat Radio

Oleh : Ahmad S N (Direktur RKM Institute) Setelah 73...

Daftar Harga Case Samsung Galaxy BMW dan Keunggulannya

Kemajuan teknologi membuat banyak brand saling berkolaborasi. Tak ketinggalan...

Dies Natalis ke 42 Tahun FKIP Unram Diisi Aneka Kegiatan

Giri Menang (Suara NTB) - FKIP Fakultas Keguruan dan...

ARTKEL ACAK

Polisi Diminta Tidak Gegabah Tangani Laporan Korban FEC

0
Mataram (Suara NTB) - Guru besar Universitas Mataram (Unram) Profesor Zainal Asikin, meminta agar penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda NTB tidak gegabah...

Produk Khas NTB Mahal dan Ikhtiar Menekan Harga

0
NTB  memiliki banyak produk lokal yang berbeda dengan daerah lain di Nusantara dan dunia. Banyak kuliner atau produk khas NTB ini dikemas melalui program...

Astra Motor NTB Ajak Generasi Muda SMAN 1 Gerung #Cari_Aman di Jalan Raya

0
Giri Menang (Suara NTB) - Safety riding mengacu kepada perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup baik bagi diri sendiri...

Kolom