Pemilu 2024 Hanura NTB Bertekad Kembali Jadi Fraksi Utuh di Udayana

0

Mataram (Suara NTB) – Hasil Pemilu 2019 dulu nasib Partai Hanura NTB cukup mengenaskan, karena hanya mampu memperhankan satu kursi saja dari 5 kursi yang dimiliki Hanura di DPRD Provinsi NTB. Pada pemilu 2024 mendatang ini, Hanura NTB bertekad kuat untuk mengembalikan 5 kursi itu agar menjadi fraksi utuh.

“Di DPRD NTB Hanura selalu tempatkan 5 anggota dewan dan jadi fraksi utuh. Tapi periode ini hanya menempatkan satu wakil saja, yaitu saya sendiri. Karena itu kami targetkan Pemilu 2024 ini Hanura kembali jadi fraksi utuh minimal dengan 5 kursi,” ujar Ketua Hanura NTB, Ahmad Dahlan Leo.

Dahlan mengaku cukup optimis target tersebut bisa dicapai partainya, karena komposisi Bacaleg yang diturunkan bertarung di 8 Dapil DPRD Provinsi NTB telah melakukan proses seleksi yang ketat, sehingga terjaring bacaleg-bacaleg muda dan lebih bertenaga untuk mendulang suara mengamankan kursi di masing-masing Dapil yang jadi target.

“Kami telah melakukan proses penjaringan bacaleg cukup panjang, alhamdulillah 100 persen 65 bacaleg DPRD NTB dari 8 Dapil terisi semua. Komposisi bacaleg Hanura yang kami jaring didominasi kaum milenial sampai 55 persen. Usia di atas 40 tahun sebanyak 45 persen,” ungkapnya.

Selain itu Hanura juga sudah memiliki infrastruktur politik yang cukup kuat di bawah sebuah modal besar untuk mendongkrak pencapaian target politik. Pada periode ini saja di DPRD kabupaten/kota Hanura memiliki 30 anggota dewan.
“Kami sampaikan juga Hanura bukan partai baru, tapi sudah eksis dari Pemilu 2009 sampai sekarang dan selalu menempatkan anggota Parlemen se NTB di atas 30 anggota dewan. Ini juga jadi salah satu kekuatan Hanura,” katanya.

Pada saat itu Dahlan membeberkan Dapil mana saja yang menjadi target untuk mengunci kursi diantaranya, Dapil II Lobar-KLU, kemudian Dapil III Lotim utara, Dapil IV Lotim selatan serta Dapil VI Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima.

“Target 5 kursi itu berasal dari Dapil II dengan 12 alokasi krusi kami yakin Hanura dapat satu kursi karena ada petahana DPRD Lobar yang naik kelas. Kemudian di Lotim Utara dapil III, ada empat petarung andalan di sana diantaranya mantan anggota DPRD NTB dari Partai Berkarya Pak Jalaluddin, dan mantan Kadis, dan di Dapil 4, serta di Dapil 6 saya sendiri,” pungkasnya. (ndi)