Pelantikan Alwan Basri Dihadiri Komisioner KASN

0

Mataram (Suara NTB) – Tanda tanya publik siapa yang bakal menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram kini terjawab. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mataram, Lalu Alwan Basri, dijadwalkan Kamis, 15 Juni 2023 hari ini akan dilantik sebagai sekretaris daerah. Pelantikan akan dihadiri komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Alwan Basri membenarkan bahwa dirinya akan dilantik dan ambil sumpah sebagai Sekretaris Daerah Kota Mataram oleh Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana di aula pendopo Walikota Mataram. “Insya Allah, besok pagi (hari ini,red),” jawab Alwan saat ditanya jadwal pelantikannya ditemui, Rabu, 14 Juni 2023.

Alwan menggantikan posisi Dr. H. Effendi Eko Saswito yang telah purnatugas pada 1 April 2023. Pelantikan akan dihadiri langsung oleh perwakilan Komisi Apatur Sipil Negara yang secara kebetulan memiliki agenda di Kabupaten Lombok Barat. “Kebetulan ada agenda di Lobar dan beliau menyempatkan diri hadir sebelum balik ke Jakarta,” jawabnya.

Terpilihnya Alwan sebagai Sekda Kota Mataram mengalahi pesaing terberatnya yakni Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang. Sementara, dua pejabat lainnya yang ikut seleksi terbuka yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Miftahurrahman dan Kasat Pol PP Irwan Rahadi disinyalir hanya sekadar memenuhi kuota pansel JPTP Sekda Kota Mataram saja.

Diketahui, Lalu Alwan Basri sebelumnya lama bekerja sebagai aparatur sipil negara di Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Mataram. Kemudian ditunjuk sebagai Kepala Bagian Hubungan dan Masyarakat (Humas) Setda Kota Mataram pada masa kepemimpinan H. Ahyar Abduh (alm) dan H. Mohan Roliskana. Alwan dinilai berhasil membangun citra Kota Mataram berhasil merangkul media massa di NTB sebagai mitra pemerintah. Keberhasilan ini mengantarkan Alwan menjadi Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram menggantikan posisi Wartan yang digeser sebagai Asisten II Setda Kota Mataram. Karir Alwan terus melonjak. Ia dipercaya sebagai Inspektur Inspektorat Kota Mataram menggantikan H. Makbul Ma’shum telah memasuki masa purnatugas. Sekira tiga tahun menjabat sebagai Inspektur kemudian digeser sebagai Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mataram menggantikan Ir. H. Mahmuddin Tura yang memasuki purnatugas pada September tahun 2022. (cem)

Foto : Lalu Alwan Basri. (Suara NTB/cem)