Tim KSB Wakili NTB di Temu Karya Tani Nelayan Inovator Penas KTNA 2023

0

Taliwang (Suara NTB) – Tim Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) 2023 di Padang tampil mewakili NTB di kegiatan temu karya tani nelayan inovator. Adapun karya yang dibawa tim KSB adalah teknologi di bidang pertanian.

Temuan yang disajikan oleh tim KSB itu diberi nama Ispalog. Ispalog merupakan akronim dari Isian Pemadatan Baglog, yaitu teknologi dalam bidang pertanian khususnya pengembangan budidaya tanaman jamur. “Alhamdulillah kita mewakili NTB karena sebelumnya teknologi Ispalog itu ditetapkan menjadi pemenang di Peda KTNA NTB sebelum kita ke sini (Penas KTNA),” kata kepala Dinas Pertanian (Distan) KSB, Muhammad Saleh, Selasa, 13 Juni 2023.

Saleh menyebutkan, tim KSB dengan mudah mempresentasikan temuannya itu di acara temu karya nelayan inovator. Tampi sebagai juru bicara yaitu Hasanuddin, Sri molah, Jihad abdullah, dan dua orang pendamping dari Provinsi yaitu M. Said, dan M. Darwis.

Saleh sedikit mengurai mengenai keunggulan teknologi Ispalog yang dipresentasikan tim KSB. Menurut dia, keunggulan dari teknologi budidaya jamur itu dapat memberikan kemudahan, keamanan, dan memiliki nilai ekonomi dan produktif bagi pembudidaya tanaman Jamur. “Mereka juga langsung mempraktikkan cara penggunaan teknologi itu di depan dewan juri dan peserta lainnya,” urainya.

Adapun peserta temu karya tani nelayan inovator di Penas KTNA Padang itu diikuti oleh sebanyak 21 perwakilan provinsi. Saleh mengatakan, hasil temuan yang disajikan di ajang itu nantinya diharapkan dapat direplikasi dan diduplikasi oleh petani se Indonesia untuk upaya meningkatkan produktivitas pertanian secara nasional.(bug)