Hilang Kontak, Tiga Nelayan di Buwun Mas Sekotong Belum Ditemukan

0

Giri Menang (Suara NTB) – Tiga nelayan di Dusun Kombang Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat yang diduga hilang kontak (los kontak) sejak Jumat, 9 Juni 2023 saat mencari ikan di tengah laut. Namun hingga saat ini belum juga ditemukan oleh tim pencari dari unsur warga, TNI-Polri, Basarnas, BPBD.

Kapolsek Sekotong  Iptu I Kadek Sumerta, S.H., mengatakan, pihaknya diinformasikan terkait kejadian ini oleh kepala dusun setempat,  pada hari Senin, 12 Juni 2023 pukul 20.00 wita kemarin.  Kemudian pihaknya menindaklanjuti dengan menerjunkan Bhabinkamtibmas Desa Buwun Mas ke rumah pihak keluarga di Dusun Kombang untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. Dan meminta keterangan terhadap pihak keluarga mengenai waktu dan perkiraan lokasi hilang kontaknya ketiga warga itu.

Dijelaskan, dari informasi yang diperoleh korban hilang kontak saat mencari ikan selama 7 hari dari hari Jumat lalu. Namun berhasil dikontak oleh rekannya yang saat itu berlayar dan ditemukan sedang kehabisan bahan bakar minyak  “Tiga orang ini berhasil di kontak pada Jumat lalu oleh rekannya yang bernama Hamdan yang saat itu sedang lewat untuk mencari ikan juga dan melihat perahu mereka lagi kehabisan BBM di laut seputaran Sepadang,” jelasnya, Selasa, 13 Juni 2023.

Pihaknya saat ini sudah berkoordinasi dengan BPBD Lombok Barat, Tim Sar Mataram dan Polairud Bali Karangasem untuk ikut melakukan pencarian. Namun, sampai saat ini belum ditemukan ke tiga korban tersebut.

“Kita koordinasi dengan Polairud Bali Karang Asem siapa tau nanti perahu mereka dibawa arus ke perairan Bali makanya kami koordinasikan dengan pihak disana,” jelasnya.

Tiga nelayan yang hilang kontak tersebut yakni Ahyar Rosidi 27 tahun laki-laki, Haidir Hidayat 26 tahun, Padlianto 24 tahun. Ketiganya berasal dari Dusun Kombang Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong.

Informasi yang dihimpun media,  tiga orang warga Dusun Kombang Desa Buwun Mas tersebut berangkat diperkirakan pada hari Sabtu tanggal 10 Juni 2023 sekitar pukul 17.00 Wita, menggunakan perahu bermesin jenis perahu Cilacap.

Mereka bermaksud pergi  mencari ikan di tengah laut, dan ketiga warga itu naik dalam satu perahu. Namun hingga saat ini ketiga orang warga tersebut belum juga kembali pulang, sehingga warga masyarakat berupaya melakukan pencarian, namun belum ditemukan.

Dari keterangan saksi, ketiga warga yang diduga hilang tersebut pada sekitar pukul 11.00 Wita hari ini senin tanggal 12 Juni 2023 terlihat berada di sekitar gili Sepatang untuk mengisi bahan bakar perahu. Namun karena belum mengetahui yang sebenarnya terjadi seketika itu juga saksi meninggalkan ketiga warga tersebut. Dan sempat saksi menawarkan diri untuk membantu mengisi bahan bakar, namun ditolak oleh ketiga warga itu. Setelah itu, korban pun hilang kontak.

H Abdul Majid, Anggota DPRD Lobar Dapil Sekotong Lembar yang juga tinggal di Desa Buwun Mas membenarkan adanya warga nelayan yang hilang kontak tersebut. Kegiatan pencarian sedang dilakukan oleh warga, bersama pihak terkait.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemkab Lobar, Basarnas, TNI – Polri, BPBD Lobar, Forkompincam Sekotong, Pemdes Buwun Mas, masyarakat dan seluruh pihak yang telah atensi dan membantu. “Semoga Allah SWT memberikan jalannya dan tiga warga kami yang hilang segera ditemukan,” katanya. (her)