FK Unram akan Buka Kelas Internasional

0

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangkai mencapai visi berdaya saing internasional pada tahun 2025, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) akan membuka Program Kelas Internasional mulai tahun ajaran 2023-2024. Guna persiapan pelaksanaan Kelas Internasional, FK Unram mengadakan studi banding ke Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM mengenai manajemen pengelolaan Kelas Internasional pada tanggal 5-7 Juni 2023.

Dekan FK-Unram, Prof. Dr. dr Hamsu Kadriyan, Sp.THT.KL(K)., M.Kes., pada Selasa, 13 Juni 2023 mengatakan, diperlukan persiapan administratif, pemetaan SDM, persiapan kurikulum, penyediaan sarana dan prasarana, serta memperluas jejaring kerja sama dengan fakultas kedokteran di luar negeri. Tujuan dari studi banding itu untuk memperoleh gambaran dan masukan mengenai manajemen pengelolaan Kelas Internasional di FK-KMK UGM.

“Meliputi kurikulum dan pengelolaan proses pendidikan pada Kelas Internasional, pemetaan SDM, sistem penilaian dan penghargaan kinerja SDM pada Kelas Internasional, perhitungan unit cost Pendidikan Dokter pada Kelas Internasional, pengelolaan dokumen, ijazah, transkrip pada Kelas Internasional dan tata kelola kerja sama pada universitas mitra,” jelas Hamsu.

Kegiatan ini diikuti oleh tim dari FK Unram yang terdiri dari WD Bidang Akademik, Kaprodi Pendidikan Dokter, Ketua LP3K, Ketua Unit Kerjasama, Koordinator Kelas Internasional, Sub. Koordinator Akademik dan Sub Koordinator Umum dan Keuangan.

Tim dari FK Unram diterima oleh pengelola dari FK-KMK UGM yang terdiri dari WD bidang akademik, WD bidang keuangan, asset dan SDM, Ketua Prodi Dokter, Ketua MHPEU, Kepala Kantor Administrasi, Sekretaris Unit Jaminan Mutu, dan Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan. Acara diakhiri dengan kunjungan ke Skills Lab dan ke Laboratorium Terpadu FK-KMK UGM.

Hamsu menjelaskan, tujuan adanya kelas internasional FK Unram untuk menarik mahasiswa dari dalam dan luar negeri berkuliah di FK Unram. “Hal ini untuk mengimplementasikan daya saing internasional Fakultas Kedokteran dan Unram sesuai dengan visinya,” ujar Hamsu.

Ia menjelaskan, kuliah kelas internasional akan menggunakan pengantar bahasa Inggris. Nantinya akan ada magang di luar negeri. Hal ini untuk membuka kesempatan lulusan internasional dapat melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri. (ron)