Ubah Karakter Guru dan Siswa, SMAN 1 Lembar Kerja Sama dengan Plan Internasional Terapkan SRA

0

Giri Menang (Suara NTB) – SMAN 1 Lembar menjadi salah satu sekolah yang sudah menerapkan Sekolah Ramah Anak (SRA).  Dalam mengimplementasikan SRA ini, sekolah mendapatkan pendampingan dan kerjasama dengan pihak Plan International sejak Juli 2022 lalu. Dan hasil penerapan sekolah ramah ini pun sudah berdampak positif terhadap satuan pendidikan, terutama karakter siswa dan siswi di sekolah tersebut.

Plt Kepala SMAN 1 Lembar Drs. H. Ahmad Taufiq Gufran, M.M., melalui Waka Sarana Prasarana, Dra. Nurharyani mengatakan, dalam sekolah ramah ini terdapat 18 serial diskusi sekolah ramah anak. “Dan sejauh ini kita sudah berjalan yang ke 17 serial diskusi, tinggal satu sesi terakhir rencananya tahun ajaran baru 2023 ini,”ujarnya, Sabtu lalu saat bertemu pihak plan di sekolah setempat. Dari 17 serial diskusi itu, dibahas tangan kesehatan reproduksi, pergaulan dan pernikahan dini.

Selain melaksanakan kegiatan serial diskusi, dilakukan juga workshop melibatkan guru dan wali murid. Dan wali murid pun sangat antusias, banyak berikan masukan dan support.

Pihaknya juga sudah melakukan join monitoring terhadap program-program SRA di SMAN 1 Lembar oleh Plan Jakarta. Berbagai rangkaian kegiatan SRA ini, berjalan dengan baik dan sudah ada nampak ada perubahan pada karakter siswa serta ibu guru di sekolah. “Alhamdulillah ada perubahan pada siswa, dan para guru,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya berencana melaksanakan deklarasi menuju sekolah ramah anak. Itu nanti akan dirangkai dengan berbagai kegiatan yakni HUT sekolah, dialog inter generasi, dan festival anak. “Itu rencana kami adakan Juli mendatang,”jelas dia.

Ia menambahkan banyak sekali manfaat kegiatan SRA ini. Lebih-lebih terkait kesadaran soal pernikahan dini. Dengan kerjasama dengan pihak Plan, dinas terkait, Pihak sekolah bisa menggagalkan siswa yang menikah. “Alhamdulillah beberapa kita bisa gagalkan,”ujarnya. (her)