Tim Dosen Unisma Gelar Grand Opening Ceremonial Matching Fund Sekaligus Survey Kondisi Peternakan di Padepokan Arum Sabil Farm Jember

0

Malang (suarantb.com) – Tim Dosen Unisma yang Diketuai oleh Ir. Brahmadhita Pratama Mahardhika, S.Pt M.Si IPP menyelenggarakan grand opening ceremonial Matching Fund 2023 dengan tema “Design telur fungsional rendah kolesterol dengan konsep zero waste farming system melalui implementasi hasil probiotik Lactobacillus salivarius” yang diselenggarakan pada hari Minggu (4/6/2023) bertempat di Padepokan H.M Arum Sabil. Tim dosen tersebut merupakan kolaborasi antara Dosen Fakultas Peternakan, Pertanian dan Teknik.

Kegiatan Grand Opening Ceremonial Matching Fund ini dilaksanakan pukul 09.00 WIB diawali dengan pameran produk hasil inovasi Unisma berupa telur asin asap, probiotik, sandwich pakan ternak dan juga produk telur milik arum sabil farm. Setelah itu, para peserta diarahkan untuk foto di stand photobooth dengan konsep peternakan 3D.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan 2 Fakultas Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember, Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Jember, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember dan Kelompok Ternak P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya) Taruna Bhumi. Acara ini juga melibatkan 16 mahasiswa peternakan UNISMA sebagai panitia. Mahasiswa mengikuti kegiatan perkemahan indoor yang difasilitasi oleh Kwarda (Kwartir Daerah) Jawa Timur bersamaan dengan penyelenggaraan acara opening ceremonial Matching Fund.

Acara ini diawali dengan sambutan dari ketua Matching Fund, Ir. Brahmadhita Pratama Mahardhika, S.Pt M.Si IPP dan kemudian dilanjut dengan ketua koperasi Tani Nusantara, H.M Arum Sabil, S.P. Pada acara tersebut juga disampaikan materi mengenai cara pembentukan telur fungsional melalui rekayasa nutrisi (pemberian probiotik), manfaat telur fungsional rendah kolesterol bagi masyarakat, dan cara pembentukan lingkungan farm ayam petelur rendah pencemaran emisi amonia melalui aplikasi probiotik Lactobacillus salivarius dan pembuatan pupuk kandang terfermentasi Lactobacillus salivarius. Melalui program Matching Fund ini akan dibentuk kawasan peternakan zero waste farming system (peternakan 0 limbah/ramah lingkungan).

 

Akhir dari kegiatan grand opening ini dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk pengesahan kegiatan Matching Fund yang akan dilaksanakan di Arum Sabil Farm serta foto bersama dengan tamu undangan. Setelah kegiatan grand opening dilanjutkan dengan kegiatan survey lapang ayam petelur milik Arum Sabil Farm. Peserta survey dipilih dan mendapatkan perlakuan sanitasi dan biosecurity yang sangat ketat sebelum memasuki kandang ayam petelur. Kegiatan survey dilakukan dengan pengukuran gas amonia kandang, pengambilan sampel darah, pengukuran fisiologis ayam, dan pembedahan ayam untuk mendapatkan data organ dalam ayam petelur

 

Kegiatan survey ini dihadiri oleh pakar kesehatan hewan, lingkungan hidup, fisiologis ternak, dan pakar nutrisi ternak unggas. Tujuan diadakannya survey untuk mengetahui kondisi peternakan milik Arum Sabil Farm sebelum mendapatkan perlakuan probiotik guna menghasilkan telur fungsional pada farm yang rendah emisi amonia. Besar harapan tim pelaksana Mathing Fund untuk terus berkolaborasi dengan Arum Sabil Farm atau dengan banyak pihak lainnya untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat untuk banyak masyarakat.(r/*)