Sidang Kasus KUR BNI, Irham Mengaku Serahkan Uang Belasan Miliar ke Saksi K

Mataram (Suara NTB) – Lalu Irham Rafiudin Anum salah satu terdakwa di kasus kredit usaha rakyat (KUR) tani BNI di Kabupaten Lombok Timur mengaku memberikan uang sekitar belasan miliar kepada Krisbiantoro baik secara langsung maupun melalui Transfer. “Saya tidak ingat pasti jumlahnya. Ada sekitar belasan kalau tidak salah sekitar Rp13 miliaran,” kata Lalu Irham di hadapan majelis hakim dengan hakim ketua Ketut Somanasa saat dihadirkan sebagai saksi dengan terdakwa Amiruddin, Senin, 13 Juni 2023.

Dia pun menceritakan, CV ABB yang ditunjuk menjalankan penyaluran dana KUR dari PT SMA sudah mengetahui penyaluran dana KUR bermasalah. Sehingga, dia berusaha untuk mencari perlindungan. “Awalnya saya bertemu dengan Moeldoko, saya sempat curhat mengenai persoalan KUR. Tetapi Moeldoko hanya diam saja,” sebutnya.

Setelah pertemuan tersebut, Lalu Irham kemudian bertemu dengan Arif Rahman yang menjabat sebagai komisaris PT SMA. Arif yang notabene menjadi ipar Moeldoko tersebut kemudian dipertemukan dengan Gus Rohmat. “Saya curhat ke Gus atas persoalan yang dihadapi dan saya percaya untuk minta doa kepada Gus. berkeluh kesah dengan persoalan yang dihadapi ke Gus,” jelasnya.

Setelah mendengarkan keluh kesahnya tersebut, Gus Rohmat memperkenalkan Irham dengan Krisbiantoro. Dia menceritakan secara teknis ke Krisbiantoro atas persoalan yang dihadapi. “Krisbiantoro dalam pengakuannya memiliki kenalan pejabat tinggi. Bahkan masuk ke Mabes Polri dengannya gampang sekali, sehingga saya percaya dengan Krisbiantoro,” kata Irham.

Irham kembali menceritakan mengenai kehebatan Krisbiantoro. Ketika pergi bersamanya, masuk ke beberapa kantor aparat penegak hukum sangat mudah. “Saya ke Mabes Polri, ternyata Krisbiantoro memiliki id card khusus, termasuk ke Kejaksaan Agung, sehingga saya percaya dia mampu menyelesaikan persoalan saya,” urainya.

Jaksa pun hingga saat ini belum bisa menghadirkan Krisbiantoro di persidangan dengan pertimbangan masih dalam keadaan sakit. Bahkan JPU sudah memanggil secara patut sebanyak tiga kali untuk menjadi saksi di persidangan  tetapi tetap tidak bisa datang.

Namun, pada sidang pekan lalu, JPU malah memutuskan untuk membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Krisbiantoro di persidangan. Pada intinya dalam keterangan BAP Krisbiantoro yang dibacakan di persidangan mengakui menerima uang tersebut. Namun uang tersebut diberikan oleh Irham ke Krisbiantoro untuk ditukarkan menjadi pecahan dolar. Uang itupun sudah dikembalikan ke Irham. (ils)

RELATED ARTICLES









Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Apel Perdana Bersama Seluruh ASN, Ini Pesan Pj Gubernur NTB kepada...

0
Mataram (Suara NTB) - Memimpin apel perdana bersama seluruh ASN lingkup Pemprov NTB, Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs. H. L. Gita Ariadi, M.Si., memberikan...

Latest Posts

Apel Perdana Bersama Seluruh ASN, Ini Pesan Pj Gubernur NTB kepada para ASN Muda

Mataram (Suara NTB) - Memimpin apel perdana bersama seluruh...

Bang Zul Bangga MXGP Samota dan Lombok Raih Dua Penghargaan di Tengah Keterbatasan

Mataram (Suara NTB) - Event balap Motocross Grand Prix...

Old Story Never Fade, Cerita Bahri Bima Pria Difabel Yang Tetap Update Lewat Radio

Oleh : Ahmad S N (Direktur RKM Institute) Setelah 73...

Daftar Harga Case Samsung Galaxy BMW dan Keunggulannya

Kemajuan teknologi membuat banyak brand saling berkolaborasi. Tak ketinggalan...

Dies Natalis ke 42 Tahun FKIP Unram Diisi Aneka Kegiatan

Giri Menang (Suara NTB) - FKIP Fakultas Keguruan dan...

ARTKEL ACAK

Bupati Hibahkan Aset Tanah dan Bangunan Belanda Jadi Kantor Desa Sikur

0
Selong (Suara NTB) - Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy, menghibahkan aset tanah dan bangunan peninggalan Belanda di Sikur menjadi kantor desa Sikur. Pemberian...

Pascasarjana Unram Gelar Webinar Seri Kedua, Pentingnya Pemanfaatan AI dalam Pembuatan Media Pembelajaran IPA...

0
Mataram (Suara NTB) - Pascasarjana Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan webinar series kedua dengan tema pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pembuatan media pembelajaran IPA masa...

Tambang Galian C di Lobar Tidak Berkontribusi ke Daerah

0
Giri Menang (Suara NTB) -Galian C di Lombok Barat, selain dipasok untuk kebutuhan pembangunan di daerah setempat, juga dipasok ke daerah Mataram. Sayangnya, banyak...

Kolom