Kakanwil Kemenag NTB Tekankan Semua Jemaah Haji Harus Diberikan Pelayanan Terbaik

0

KELOMPOK Terbang (Kloter) 4 asal Kota Mataram sejumlah 393 Calon Jemaah Haji (CJH) resmi dilepas oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Zamroni Aziz, S.HI,.MH Sabtu, 11 Juni 2023.

Ia menekankan kepada para petugas yang menyertai CJH, Ketua Kloter, Pembimbing ibadah dan Tim Kesehatan serta petugas lainnya, agar selalu mendampingi dan membimbing jemaah dengan baik dan penuh perhatian.

“Apabila bapak, ibu para jemaah tidak dilayani dengan baik oleh para petugas, maka tolong WA (red : WhatsApp) ke saya, agar kami bisa menegur (petugas). Namun demikian kami yakin dan percaya bahwa para petugas akan melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab”,tukasnya.

“Kami mengucapkan selamat jalan kepada para Jemaah calon haji. Selamat jalan tamu Allah, selamat menunaikan ibadah haji, semoga diberikan kesehatan dan mendapat haji mabrur”,tutup Kakanwil sembari mengucap Basmalah “Bismillahirrohmanirrohim” dan membaca ummul kitab.
JCH Kloter 4 diberangkatkan menuju Bandara King Abdul Aziz Internasionational Airport Jeddah, pada pukul 05.30 Wita menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan (fligt number) GA 5104. Waktu tempuh menuju Jeddah sekitar 11 jam, sehingga diperkirakan JCH akan tiba di Tanah Suci sekitar pukul 16.30 Wita atau sekitar pukul 11.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

JCH yang masuk Asrama Haji Embarkasi Lombok pada pagi Ahad, 10 Juni pukul 09.00 Wita ini, telah melalui serangkaian proses pemeriksaan dan pelayanan, mulai dari pemeriksaan kesehatan, pemberian gelang, pemberian living cost, penyelesaian dokumen Keimigrasian, semuanya dinyatakan layak terbang dan memenuhi syarat untuk diberangkatkan ke Tanah Suci.

Selain itu, selama di Asrama Embarkasi, JCH juga mendapat pembinaan dan pengarahan dari panitia PPIH, guna memantapkan pengetahuan dan pemahaman para JCH dalam melaksanakan berbagai rangkaian ibadah haji yang akan di lakukan selama berada di Tanah Suci.
Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Prov. NTB, Hj. Eka Muftati’ah, SH.,MH, bersama pejabat dari Kantor Imigrasi dan Tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) merinci jumlah JCH Kloter 4 yang diberangkatkan pada pukul 01.30 Wita dari asrama haji menuju BIZAM.

“Jemaah Calon Haji Keloter 4 sebanyak 393 orang yang terdiri dari jemaah pria 197 orang, jemaah wanita 191 orang, ketua kloter 1 orang, pembimbing ibadah 1 orang, dokter 1 orang dan para medis 2 orang, total semuanya sebanyak 393 orang,” katanya.

Selain itu jumlah jemaah lansia pria 52 orang, lansia wanita 44 orang, sehingga total jumlah jemaah lansia sebanyak 96 orang. Jemaah tertua atas nama Mas’ud Zohdi berusia 91 tahun dan Sapi’i Gererong berusia 90 tahun. Sementera itu, jamaah termuda atas nama Anisa Ummiturrahmania berusia 18 tahun (Menggantikan orang tuanya). Alhamdulillah, semunya dinyatakan sehat dan memenuhi syarat untuk diberangkatkan ke tanah suci,” demikian ditegaskan. (bul)