Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, PT PLN Indonesia Power Jeranjang Gelar Aksi Bersih Pantai dan Buat Ecobrick di Pantai Pandanan KLU

0

Giri Menang (Suara NTB) – PT PLN Indonesia Power PLTU Jeranjang melaksanakan berbagai aksi dan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Ini sebagai bentuk komitmen nyata pihak perusahaan plat merah tersebut, dalam mendukung pelestarian lingkungan.

Serangkaian aksi dilaksanakan oleh pihak perusahaan berkolaborasi dengan warga di kawasan pantai Pandanan Dusun Pandanan Desa Malaka Kabupaten Lombok Utara (KLU), pada Sabtu, 10 Juni 2023 kemarin. Mulai dari aksi bersih-bersih lingkungan pantai, pengelolaan sampah dengan cara ekobrik hingga mengadakan lomba-lomba menarik.

Aksi pelestarian lingkungan tersebut melibatkan warga, Pokdarwis, Pokmaswas, pihak Desa, dan Badan Pengelolaan dan Sumber daya Laut (BSPL) wilayah NTB serta guru dan murid SDN 1 Malaka. Pagi hari sekitar pukul 7.30, aksi bersih-bersih pantai Pandanan dipimpin langsung Manajer PT PLN Indonesia Power Jeranjang Faqih Anggara, Assistant Manager Administrasi PT PLN IP Jeranjang Teguh Budiyanto, Branch Manager PT Cogindo DayaBersama Andriyani Yusuf, Koordinator BPSPL untuk wilayah NTB Barmawi, Officer CSR dan Humas Ian Rico. Sekdes Malaka Marwan, Kepala SDN 1 Malaka KLU Laili Muniroh, Ketua Pokdarwis desa Malaka Auli Urrahman, serta Ketua Pokmaswas.

Peserta aksi bersih-bersih pantai itu menyisir dan memungut sampah plastik yang ada di kawasan Pantai Pandanan. Manajer PT PLN Indonesia Power Jeranjang bersama jajaran dan warga, anah-anak SDN 1 Malaka memungut sampah sambil membawa plastik untuk menampung sampah. Berkat semangat para peserta ini, butuh waktu sekitar 5-6 jam, kawasan itu sudah bersih dari sampah plastik. Puluhan kilogram sampah plastik yang berhasil dikumpulkan dari aksi bersih-bersih tersebut dikumpulkan di satu tempat.

Kemudian pihak PT PLN IP, BPSPL bersama para guru mengedukasi warga dan anak-anak untuk membuat Eco Brick. Sampah-sampah dimasukkan ke botol plastik menjadi Ecobrik. Hasil Ecobrik itu dikumpulkan di sekretariat Pokmaswas Malaka. Setelah membuat Ecobrik dari sampah, pihak PT PLN IP mengadakan penilaian lomba dengan aneka kategori. Diantaranya, peserta teraktif dan bersemangat, peserta paling banyak mengumpulkan sampah, peserta paling banyak membuat Eco Brick, dan beberapa kategori lainnya. Anak-anak yang mendapatkan juara diberikan hadiah oleh Manager PT PLN IP.

Diwawancarai di sela-sela kegiatan tersebut, Manajer PT PLN IP Jeranjang Faqih Anggara mengatakan, kegiatan hari lingkungan hidup sedunia ini sesuai dengan visi misi perusahaan berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup. Dan perayaannya pun tidak hanya di PT PLN Indonesia Power Jeranjang, namun PT Indonesia Power seluruh Indonesia.

“Kami memperingati hari lingkungan hidup sedunia melalui kegiatan pelestarian lingkungan, aksi bersih-bersih pantai, edukasi pengelolaan sampah ekobrik. Ini bentuk komitmen kami dalam pelestarian lingkungan,” jelas dia.

Kegiatan pelestarian lingkungan kawasan pantai ini menjadi program rutin dari PT PLN Indonesia Power Jeranjang. Karena kawasan Pantai Pandanan ini merupakan binaan dari PT PLN Indonesia Power, di mana pihak perusahaan telah mengintervensi berbagai program di kawasan pantai tersebut. Dan aksi pelestarian lingkungan kali ini melibatkan warga, sekolah, desa dan Pokmaswas, serta Pokdarwis adalah sebagai bentuk kolaborasi dengan warga sekitar. Kemudian ini sebagai upaya pihaknya mengedukasi warga dan anak-anak usia dini terkait pelestarian lingkungan. Lebih-lebih daerah ini dan Lombok umumnya adalah desitinasi pariwisata yang luar biasa.

“Sehingga harapan kami, dengan kegiatan kolaborasi ini, alam dan lingkungan tetap dijaga,” ujarnya.

Kegiatan ini juga sebagai bagian meningkatkan PROPER yang sudah diraih perusahaan, karena salah satu point PROPER itu berkaitan dengan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Sekdes Malaka menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas program PT PLN Indonesia Power PLTU Jeranjang di daerahnya.

“Kami berterima kasih kepada pihak PT PLN Indonesia Power Jeranjang, mengadakan kegiatan pada hari lingkungan hidup sedunia di pantai Pandanan ini,” kata dia.

Menurut dia kegiatan ini sangat besar manfaatnya dalam edukasi warga lebih-lebih anak usia dini tentang penanganan sampah melalui aksi bersih-bersih dan pembuatan Ecob rick.

Pihak desa sejak beberapa tahun terakhir melakukan upaya program penanganan sampah. Namun kaitan dengan anggaran tentu terbentur dengan keterbatasan anggaran dan skala perioritas desa. Tahun ini, pihak desa sudah anggarkan, namun itu terbatas untuk Pokdarwis yakni berupa 9 bak atau tong sampah.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak perusahaan yang beroperasi di desa itu untuk memfasilitasi kontainer sampah buang sampah. Diakui, kendala yang dihadapi dalam penanganan sampah ini adalah mainset warga. Sehingga melalui kegiatan yang dilakukan oleh PT PLN Indonesia Power ini, diharapkan bisa mengubah mainset warga. “Kami berharap ini terus dilakukan,” harap dia.

Sementara itu Kepala SDN 1 Malaka mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas edukasi melibatkan murid-muridnya oleh pihak PT PLN Indonesia Power Jeranjang. Pihaknya sudah melakukan upaya di sekolah dengan mengajarkan anak-anak memilah dan memilih sampah organik dan an organik. Sampah itu kemudian diolah menjadi barang yang bermanfaat. Selanjutnya sekolah juga melakukan program sekolah bersih sehat hijau dan asri.

“Kita sudah berupaya meminimalisir sampah plastik di sekolah,” ujarnya.

Ke depan pihaknya berharap ada intervensi dari berbagai pihak untuk penanganan sampah di sekolah. Termasuk program PT PLN Indonesia Power ini sangat didukung untuk berkelanjutan. “Kami berterima kasih kepada pihak PT PLN Indonesia Power, kami berharap agar berlanjut kedepan,” harap dia. (her)