Pegawai Track Mataram Dapat Pendalaman Cara Berkendara Aman

0

Mataram (Suara NTB) –Keselamatan dalam berkendara menjadi sebuah hal yang amat sangat penting yang harus diperhatikan, bukan hanya untuk keselamatan seorang pengendara itu sendiri dan yang dibonceng saat berboncengan namun juga menjaga keselamatan pengguna jalan lain baik yang berada di depan, samping kiri kanan maupun belakang.

Keselamatan dalam berkendara inilah yang terus menerus di kampanyekan oleh Astra Motor NTB melalui Edukasi Safety Riding.

Kali ini Edukasi Safety Riding Private Company digelar di TRAC Astra Lombok Jalan Pancaka No.8A, Mataram Barat Kota Mataram.
Edukasi ini berisikan Teori, Praktik, Mini Games, Quiz dengan menghadirkan Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB Satria Wiman Jaya dengan peserta berasal dari karyawan TRAC Astra Lombok dan warga sekitar.
Sambil menjelaskan dan menghadirkan seorang pengendara saat berboncengan menggunakan CB150 X, Satria mengatakan tetap harus memperhatikan kelengkapan saat berkendara atau Safety Riding seperti Helm, Jaket, Sarung tangan, Celana Panjang, dan sepatu untuk menjaga keselamatan baik saat berkendara sendiri maupun saat berboncengan.

Tidak hanya itu kesehatan kendaraan juga harus diperhatikan seperti pemeriksaan Radiator, Oli, Baut, Ban, Baterai, Bahan Bakar Lampu, Rem, Spion.

Postur berkendarapun juga penting diperhatikan agar si pengendara bisa merasa nyaman dan aman saat berkendara seperti posisi Kepala, Bahu, Siku, Tangan, Pinggul, Lutut dan Kaki.

“Keselamatan berkendara selalu di awali dari hal kecil, seperti selalu memakai Helm, Jaket, Glove, Celana panjang dan sepatu. Kita mungkin tidak dapat menghindar dari takdir kecelakaan, tapi kita bisa merubah akhir dari takdir dengan mengurangi dampak kecelakaan tersebut dengan menggunakan Riding Gear,” jelas Satria.
Terkait berkendara Slow in Fast atau berkendara versi pelan Satria menerangkan berkendara seperti ini ketika kondisi jalan raya ramai dan jalan berlubang, berbatu dan jelek, jadi dibutuhkan keseimbangan. Orang mungkin tahu cara berkendara tapi cara menyeimbangkan diri itu masih kurang paham apalagi menghadapi jalan yang banjir dan becek.

Ditambahkan oleh GA TRAC Mataram Ivanovich Perdana Kusuma, ia mengatakan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk para karyawan kami termasuk juga warga sekitar.

Edukasi keselamatan berkendara bersama Astra Motor NTB telah beberapa kali diselenggarakan, namun kali ini yang sangat lengkap sekaligus praktek yang langsung di ikuti oleh peserta dari karyawan TRAC.

“Kegiatan Edukasi Safety Riding ini mudah-mudahan dapat diimplemantasikan dimanapun karyawan berada saat berkendara, tidak hanya menerima teori saja. Kita sedini mungkin menghindari terjadinya kecelakaan yang sifatnya preventif. Karna kita kan cakupannya sampai ke NTT, apalagi truk-truk kita setiap hari bergerak “We Moving Goods and People” jadi barang dan orangnya bergerak sehingga Safety itu sangat utama,” tutup Ivano.(bul)