Fateta UTS Raih Pendanaan Luar Biasa untuk Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Fakultas Teknologi Pertanian UTS telah berhasil meraih pendanaan dalam Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) pada tahun 2023.

Keberhasilan ini menandai langkah maju dalam inovasi dan kontribusi UTS dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian.

Ihlana Nairfana, S.TP., M.Si, menjadi salah satu dosen yang berjaya dengan anggota timnya, Heri Murtawan, M.Si. berhasil meraih pendanaan dengan penelitian yang berjudul “Analisis Kemampuan Ekstrak Daun Bidara (Zhiziphus mauritiana) Indigenous Pulau Sumbawa sebagai Pengawet Alami dalam Mempertahankan Mutu Kesegaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus).”

“Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan ekstrak daun bidara sebagai pengawet alami untuk menjaga kualitas dan kesegaran ikan nila,” tutur Ihlana, sapaan akrabnya.

Lalu ada Ratna Nurmalita Sari, S.TP., M.Sc, bersama dengan Ariskanopitasari, S.T., M.App.,Sc, dan Lalu Heri Rizaldi, S.TP., M.T, membentuk tim penelitian yang meneliti “Profil Sensori Susu Ruminansia dan Potensi Koagulan Nabati Indigenus sebagai Komponen Keju Probiotik Sumbawa.” Penelitian ini berfokus pada analisis sensori susu ruminansia serta pemanfaatan koagulan nabati sebagai komponen keju probiotik khas Sumbawa.

Jenri P. Hutasoit, S.TP., M.TP, bersama dengan Ariskanopitasari, S.T., M.App.,Sc, telah meraih pendanaan untuk penelitian yang menarik berjudul “Pengembangan Roti Bebas Gluten Berbasis Pati Jagung dengan Modifikasi Enzimatis dan Ohmic Heating (Kajian: Pengaruh Gradien Tagangan dan Monsentrasi TGase terhadap Karakteristik Produk).” Penelitian ini berfokus pada pengembangan roti tanpa gluten dengan menggunakan pati jagung yang dimodifikasi secara enzimatik dan teknik ohmic heating.

Terakhir, Shafwan Amrullah, S.T., M.Eng, bersama dengan Veni Rori Setiawati, S.Si., M.Pd, dan Lalu Suhaimi, S.T., M.T, dengan judul “Transesterifiksi Minyak Jelantah menjadi Biodiesel sebagai Bahan Bakar Terbarukan Memanfaatkan Katalis Heterogen Limbah Abu Jerami Padi/Cangkang Telur Berbiaya Rendah dan Ramah Lingkungan.” Penelitian ini bertujuan untuk mengolah minyak jelantah menjadi biodiesel dengan menggunakan katalis heterogen yang berasal dari limbah abu jerami padi dan cangkang telur, yang memiliki biaya rendah dan ramah lingkungan.

Selain itu,  Ihlana Nairfana juga berhasil meraih pendanaan dalam Program Pengabdian Masyarakat dengan skema pemberdayaan kemitraan masyarakat yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) pada tahun 2023 dengan judul “Pendampingan Budidaya dan Pascapanen Bawang Merah asal True Shallot Seeds (TTS) di Desa Brang Kolong, Kabupaten Sumbawa.” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan budidaya dan pascapanen bawang merah dengan menggunakan benih True Shallot Seeds (TTS) di Desa Brang Kolong, Kabupaten Sumbawa.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D memberikan selamat dan apresiasi atas prestasi tersebut. “UTS terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong inovasi dan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat, serta menguatkan posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi yang unggul dalam teknologi pertanian.

“Kami berharap, hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan teknologi pertanian di wilayah Sumbawa NTB dan Indonesia secara keseluruhan. Semoga Fakultas Teknologi Pertanian terus dapat meningkatkan prestasinya di bidang akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya. (arn)

RELATED ARTICLES









Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Jadi Tokoh Inspiratif Dunia, Biografi Jokowi Tulisan Dirut PLN Terbit di...

0
Seoul (Suara NTB)-Buku biografi “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” karya Darmawan Prasodjo dirilis dalam versi Bahasa Korea. Peluncuran buku dilakukan dalam acara Festival Indonesia pada...

Latest Posts

Jadi Tokoh Inspiratif Dunia, Biografi Jokowi Tulisan Dirut PLN Terbit di Korea

Seoul (Suara NTB)-Buku biografi “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” karya...

Siap-siap! PLN Jadi Raksasa Pelaku Carbon Trading yang Melantai di Bursa Karbon Indonesia

Jakarta (Suara NTB)-Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) yang telah diluncurkan...

BKPH Maria Donggomasa Sita 31 Log Kayu Sonokeling, Diduga Hasil Illegal Logging

Bima (Suara NTB) - Jajaran Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan...

Co-Location ‘SenyuM’ dari BRI, Pegadaian, & PNM, Mudahkan Pelaku Usaha Akses Layanan Permodalan

Jakarta (suarantb.com)– Kehadiran co-location Holding Ultra Mikro (UMi) atau...

Bawaslu KSB Tertibkan APS Berbau Kampanye

Taliwang (Suara NTB) - Bawaslu Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)...

ARTKEL ACAK

Masalah Kondusivitas Jadi Atensi, Akses Bima-Labuhan Bajo Dijajaki

0
PENJABAT (Pj) Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., resmi melantik Ir. H. Mohammad Rum, M.T., sebagai Pj Walikota Bima, Selasa, 26 September...

Fundamental Kuat, BRI Optimis Tumbuh Berkualitas

0
Jakarta (suarantb.com)– Kinerja positif dan keberlanjutan terus dicatatkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI demi mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. BRI pun...

Berkesan, ’’Opening Ceremony’’ Alunan Budaya Desa Pringgasela

0
Selong (Suara NTB) - Opening Ceremony Alunan Budaya Desa (ALBD) di Angka 7 yang digelar di Desa Pringgasela, Lombok Timur,  Minggu ,25 September 2023...

Kolom