Dibagi Dua Kloter, 534 CJH Kabupaten Bima Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Bima (Suara NTB) – Sebanyak 534 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Bima siap diberangkatkan ke tanah suci Mekkah. Jadwal keberangkatan mereka dibagi menjadi dua kelompok terbang (kloter).

“Total keseluruhan CJH Kabupaten Bima tahun 2023 sebanyak 534 orang,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bima, H. Mujiburrahman, S.Ag, Jum’at, 9 Juni 2023.

Ia mengaku 534 CJH yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah itu, terdiri dari 526 CJH umum dan 8 pendamping. Saat ini mereka sudah berada di Asrama Haji Mataram setelah dilepas secara resmi Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, Kamis, 8 Juni 2023.

“Semuanya telah berada ke asrama haji, kemarin dilepas resmi oleh Bupati Bima. Setelah itu, akan diberangkatkan ke tanah suci sesuai kloter yang telah ditentukan,” katanya.

Ia mengaku, ratusan CJH asal Kabupaten Bima tersebut terbagi dua kloter yakni 6 dan 8. Sesuai dengan jadwal lanjutnya, kloter 6 akan diberangkatkan pada 12 Juni 2023. Sementara kloter 8 akan diberangkatkan pada 14 Juni 2023 mendatang.

“Kloter 6 berangkat tanggal 12 Juni dan Kloter 8 berangkat pada 14 Juni, bergabung dengan CJH asal Kota Bima dan Kabupaten Dompu,” katanya.

Mujiburrahman menjelaskan sebelum resmi diberangkatkan ke tanah suci, para CJH Kabupaten Bima sudah mengikuti rangkaian dan tahapan pelaksanaan haji, seperti pemberian materi serta praktek manasik haji hingga pemeriksaan kesehatan. “Pembekalan dan pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan,” katanya.

Ia menyebutkan, dari ratusan CJH yang akan diberangkatkan tercatat 50 orang merupakan lanjut usia (lansia). Selama pelaksanaan haji, mereka akan didampingi langsung oleh Ketua Regu atau Rombongan haji.

“CJH lansia tidak didampingi khusus pihak keluarga. Tapi akan didampingi langsung oleh Ketua Regu atau rombongan haji,” ujarnya.

Kepada para CJH yang akan menunaikan ibadah haji, Mujiburrahman berpesan agar melaksanakan haji dengan niat untuk Allah semata. Sembari berharap agar sepulang dari tanah suci dapat menjadi haji mabrur. (uki)

RELATED ARTICLES









Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Co-Location ‘SenyuM’ dari BRI, Pegadaian, & PNM, Mudahkan Pelaku Usaha Akses...

0
Jakarta (suarantb.com)– Kehadiran co-location Holding Ultra Mikro (UMi) atau yang disebut gerai SenyuM terus dikembangkan untuk memudahkan nasabah pelaku usaha dalam mengakses layanan jasa...

Latest Posts

Co-Location ‘SenyuM’ dari BRI, Pegadaian, & PNM, Mudahkan Pelaku Usaha Akses Layanan Permodalan

Jakarta (suarantb.com)– Kehadiran co-location Holding Ultra Mikro (UMi) atau...

Bawaslu KSB Tertibkan APS Berbau Kampanye

Taliwang (Suara NTB) - Bawaslu Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)...

Papuq Samsiah dan Cucunya Luput dari Bantuan Pemerintah

Giri Menang (Suara NTB) - Pemkab Lombok Barat (Lobar)...

Puluhan Developer di Lobar Diduga Belum Kantongi Izin LSD

Giri Menang (Suara NTB) - Pansus Raperda Pajak dan...

ARTKEL ACAK

Jadi Penunjang ”Sport Tourism”, Perkuat Potensi Tujuh Desa Wisata Lingkar Mandalika

0
Praya (Suara NTB) - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) ikut memberikan perhatian pada aspek pengembangan desa wisata di Provinsi NTB, terutama...

Usai Pimpin Lotim, Sukiman Azmy Nyatakan Siap Maju di Pilgub NTB

0
Mataram (Suara NTB) – Masa jabatan Sukiman Azmy sebagai Bupati Lombok Timur resmi berakhir pada Selasa, 26 September 2023. Bersamaan dengan itu dilantiknya Penjabat...

Mendesak, Kehadiran Tenaga Pengawas Ketenagakerjaan di KSB

0
Taliwang (Suara NTB) - Banyaknya perusahaan membuat persoalan ketenagakerjaan semakin tinggi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mengaku, hampir...

Kolom