Tokoh Pers Inspiratif, Agus Talino Terima Penghargaan Sumbawa Award

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pemberian penghargaan Sumbawa Award yang digelar Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), berlangsung Sabtu, malam. Salah satu penerima penghargaan itu adalah, H. Agus Talino (Penanggung Jawab Harian Suara NTB) sebagai Tokoh Pers Inspiratif.

Penghargaan Sumbawa Award, yang digelar di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, dalam rangka memperingati 10 tahun berdirinya UTS. Ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada insan Samawa, baik itu para tokoh, institusi, komunitas maupun organisasi yang selama ini berkonstribusi bagi kemajuan Sumbawa.

Ketua Penyelenggara, Muhammad Iqbal, menjelaskan, tujuan digelarnya Sumbawa Award 2023 ini adalah ingin memberikan penghargaan kepada para pihak yang berjasa bagi kemajuan Sumbawa. Ke depannya diharapkan, kegiatan ini menjadi ajang tahunan di Kabupaten Sumbawa. “Pada prinsipnya ini untuk penyemangat bagi orang dan kelompok yang berjasa bagi Sumbawa,” terangnya.

Rektor UTS, Dr.Chairul Hudaya mengungkapkan, selama satu dekade ini, keberhasilan yang diraih UTS tidak mungkin bisa tanpa adanya kontribusi dari masyarakat Sumbawa.  ‘’Selama 10 tahun ini, pencapaian yang kami peroleh tidak mungkin dari kita sendiri. Terima kasih kepada Pemkab Sumbawa dan juga DPRD yang terus memberikan dukungan, memberikan kesempatan bagi putra putri khususnya di Sumbawa, dengan memberikan dukungan beasiswa, dan lainnya,’’ ujarnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd,M.Pd, menyambut baik terlaksananya Sumbawa Award 2023 ini. Apalagi tujuannya sangat baik, yakni memberikan penghargaan kepada masyarakat maupun instansi yang dinilai berjasa bagi daerah.

‘’Semoga ke depan kegiatan ini digiatkan lagi. Mulai sekarang silakan berinovasi, walaupun kecil tapi bermanfaat bagi masyarakat,’’ ujar Wabup.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada penerima penghargaan dari 24 kategori dalam Sumbawa Award 2023. Untuk Tokoh Pers Inspiratif, H. Agus Talino. Kemudian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Inspiratif : Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sumbawa, Badan Pendapatan Daerah Sumbawa, Inspektorat Sumbawa.

Kemudian untuk Sekolah Dasar (SD) se-Derajat Inspiratif : SDN Sukadamai, SDN Koda Permai, SDN 2 Maronge. Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Derajat Inspiratif : SMPN 1 Sumbawa Besar, SMPN 1 Labuan Badas, SMPN 1 Utan. Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Derajat Inspiratif : SMKN 1 Alas, SMAN 2 Sumbawa Besar, SMAN 1 Moyo Utara. Desa Budaya dan Wisata Inspiratif : Desa Plampang, Desa Labuhan Jambu, Desa Sepakat, Desa Gapit, Desa Empang Atas.

Tokoh Pluralisme Sumbawa : Drs. H. Mahmud Abdullah. Tokoh Bidang Lingkungan Inspiratif : Samsul Bahri, dan Yerri Kuswandi. Tokoh Seniman Inspiratif : Hasanuddin, S.Pd. Tokoh Pendidikan Inspiratif : Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar,  M.Pd, dan Iwan Jazadi, S. Pd., M.Ed., Ph.D.

Tokoh Kebencanaan Inspiratif : Dr. Rusdianto A.R., M.Pd. Media Kerja Sama UTS : Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbawa, dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbawa juga mendapat penghargaan. Kemudian Penghargaan Terima Kasih Atas Kontribusi Terhadap Pendidikan di Sumbawa : DPRD Kabupaten Sumbawa dan lainnya. (arn)