Sosok Nelda Hannia, Duta Tes Wawasan Kebangsaan dari NTB Dorong Pemuda Belajar Budaya

0

Nelda Hannia, perempuan kelahiran 1 Agustus 2003 ini aktif di berbagai kegiatan. Saat ini, menyandang Duta Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) mewakili NTB. Ia juga aktif sebagai relawan Walhi NTB, serta terlibat di lembaga Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Lombok Utara.

Nelda Hannia

Masih berstatus sebagai mahasiswi semester IV di UIN Mataram, Nelda kerap tampil sebagai pemeran pada program adat dan budaya acara TV nasional.

Di balik kesibukan itu, ia melihat tidak banyak kalangan generasi muda saat ini yang tertarik dengan visi misi budaya dan adat daerah. Padahal, budaya dan adat daerah adalah bagian dari khasanah kekayaan budaya bangsa sebagai satu kesatuan.

“Generasi muda sekarang seperti enggan belajar budaya dan adat. Mungkin berpikirnya kolot, kuno,” ucapnya, Selasa, 30 Mei 2023.

Nelda tidak menyalahkan perspektif generasi muda saat ini. Sebaliknya ia mendorong agar pemerintah lebih banyak memprogramkan edukasi dan wawasan kebangsaan.

Bercokol sebagai DUTA TWK mewakili NTB, anak ketiga dari 4 bersaudara ini berharap akan lahir konsep dari pemerintah daerah yang melibatkan Pemuda khususnya perempuan dalam mendorong wawasan kebangsaan dari persepsi budaya dan adat.

“Ini sejalan dengan tujuan TWK, yang ingin tahu bagaimana Pemuda bisa lebih mengenal Indonesianya. Pengetahuan budaya dan adat perlu diperluas dan diperkaya.”

“Saya pribadi mendorong adanya kegiatan-kegiatan produktif di daerah baik di KLU maupun Provinsi NTB dengan visi memperkaya wawasan kebangsaan di kalangan Pemuda,” tandasnya. (ari)