KLU Raih Anugerah Merdeka dari Kemendikburistek

0

Tanjung (Suara NTB) – Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU) menerima anugerah Merdeka Belajar kategori Pemerintah Daerah – sub kategori Transformasi Pembelajaran. Anugerah diserahkan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, kepada Wakil Bupati, Danny Karter Febrianto R., ST., M.Eng., di Yogyakarta pada puncak Peringatan Bulan Merdeka Belajar 2023 yang mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, berlangsung di Panggung Ramayana, Prambanan, Yogyakarta, Selasa, 30 Mei 2023.

Acara tersebut dihadiri Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, eselon I dan II beserta Kepala UPT di Lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, serta para gubernur, bupati dan wali kota se- Indonesia.

Peringatan Bulan Merdeka Belajar telah dilaksanakan sejak 28 – 29 Mei 2023 dengan rangkaian kegiatan antara lain, Karnaval Merdeka Belajar, Silaturahmi Hardiknas Bersama Mendikbudristek, Penyerahan Anugerah Merdeka Belajar, dan Acara Puncak Peringatan Bulan Merdeka Belajar.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei merupakan momentum untuk mengenang jasa- jasa Ki Hadjar Dewantara bagi dunia pendidikan Indonesia. Falsafah dan pemikiran Ki Hadjar Dewantara merupakan landasan yang mendasari terobosan Merdeka Belajar yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dalam tiga tahun terakhir, Kemendikbudristek telah meluncurkan 24 (dua puluh empat) episode Merdeka Belajar yang berfokus pada transformasi sistem pendidikan Indonesia khususnya pada aspek pembelajaran, pendanaan, dan pengelolaan. Upaya transformasi sistem pendidikan ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan SDM Indonesia yang unggul.

“Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam perayaan bukan merdeka helajar, kepada adik-adik pelajar dan mahasiswa, guru dan dosen, pemerintah daerah dan mitra, beserta seluruh jajaran kemendikbudristek mulai dari unit utama sampai UPT dinas” ucap Mendikbudristek.

Beberapa capaian besar yang telah diwujudkan dengan Merdeka Belajar yaitu meliputi pengangkatan 544.292 guru honorer sebagai ASN PPPK dari total 1,2 juta guru honorer dalam jangka waktu dua tahun terakhir, pelaksanaan program-program belajar di luar kampus yang telah diikuti oleh lebih dari 476.000 mahasiswa perguruan tinggi akademik dan vokasi, implementasi Kurikulum Merdeka secara sukarela oleh 306.995 dari total 443.001 satuan pendidikan, serta digitalisasi pendidikan melalui pemanfaatan platform Merdeka Mengajar oleh lebih dari 2,6 juta dari total 3,3 juta guru di seluruh Indonesia. (ari)