Jumlah Agen BRILink Lampaui Target, Ekosistem Ekonomi Mikro Semakin Nyata

0

Jakarta (suarantb.com)– Indonesia memiliki potensi dan peluang bagi para pelaku bisnis terutama Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Peranan BUMN dalam mengoptimalkan perekonomian Indonesia sangat penting, salah satunya adalah melalui pelayanan yang ditawarkan oleh BUMN memudahkan masyarakat dalam membuka serta mengembangkan bisnis selalu menjadi prioritas utama.

Salah satu bank terbesar tanah air, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI ikut serta mendukung dan menciptakan ekosistem ekonomi mikro yang mandiri. Salah satu komitmen yang terus dikembangkan dan dioptimalkan yakni mengerahkan agen-agen BRILink di seluruh wilayah Indonesia hingga titik terjauh sekalipun.
Terkait dengan hal tersebut, Direktur Bisnis Mikro Supari mengatakan bahwa kehadiran AgenBRILink merupakan kontribusi nyata BRI untuk masyarakat. ”AgenBRILink yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sampai pada daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) menjadi garda terdepan BRI dalam membuka akses keuangan dan melayani masyarakat Indonesia.

Sebaran AgenBRILink tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakatakan layanan perbankan serta dapat memaksimalkannya peluang bisnis dan membuka usaha”,jelasnya.

Bentuk komitmen BRI tersebut terlihat dari jumlah AgenBRILink yang terus bertambah bahkan melampaui target. Seperti diketahui, AgenBRILink pada akhir 2022 telah berjumlah 627 ribu, tak perlu waktu lama, pada kuartal I/2023 jumlah AgenBRILink telah mencapai 654.677agen.
“DenganjumlahAgenBRILink yang terusbertambah dan juga adanyakerjasamadengananalisKredit BRI,diharapkan mampu membangun ekosist emekonomi mikro, salah satunya dalam hal penyaluran pinjaman melalui Agen Mitra UMiBRILink. Agen Mitra UMi adalah agen yang fokus menyalurkan pinjaman Ultra Mikro ke masyarakat, sehinggadiharapkanmampumemberikanmanfaatbagiseluruhpelaku UMKM dalamhalpenyediaan modal usahauntukmenghindaripraktikrentenir,” lanjut Supari.

Dampak positif dari bertambahnya AgenBRILink terlihat dari jumlah transaksi yang menunjukkan tren selalu meningkat pada 4 bulan pertama tahun 2023. Selama itu, tercatat sebanyak Rp339,5 triliun transaksi finansial telah dibukukan. Kenaikan jumlah transaksi tersebut menunjukkan bahwa Agen BRILink memiliki peranan yang sangat penting dalam roda perekonomian serta kehidupan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, AgenBRILink selalu siap melayani kebutuhan masyarakat sekalipun dalam periode hari libur. Hadirnya AgenBRILink juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur yang sudah disediakan. Fitur-fitur yang dapat dinikmati seperti, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya.

Belum lagi adanya pengembangan fitur Agen BRILink sebagai wujud memaksimalkan layanan untuk seluruh kebutuhan masyarakat. Kini melalui Agen BRILink, masyarakat sudah bisa melayani penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucher games, serta melayanai kebutuhan perjalanan dengan layanan pembelian tiket bus, shuttle dan ferry.

Kedepannya pengembangan Agen BRILink akan mengoptimalkan serta memaksimalkan digital banking sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat ke masyarakat luas. Dengan pelayanan yang mudah dan cepat akan mendorong inklusi perbankan kepada masyarakat. BRI akan selalu berkontribusi melalui pengembangan dan peningkatan Agen BRILink demi kemudahan serta kemajuan masyarakat. (r/*)