CJH Lotim Berangkat Pertama ke Tanah Suci

0

Selong (Suara NTB) – Calon Jemaah Haji (CJH) asal Lombok Timur (Lotim) menjadi kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Lombok yang berangkat pada tanggal 6 Juni 2023 mendatang. Kloter pertama ini sebanyak 388 orang jemaah dan lima pendamping.

Hal ini dikemukakan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lotim, Makkinuddin kepada media di Selong, Senin, 29 Mei 2023. Dia menjelaskan, seluruh CJH dari Lotim yang bakal berangkat sebanyak 1.098 orang.

Seluruh CJH asal Lotim ini akan diberangkatkan dalam empat kloter. Tiga Kloter utuh CJH asal Lotim dan satu campuran dengan Sumbawa.

Kloter pertama berangkat tanggal 6, lalu kloter 5 berangkat tanggal 11 Juni, Kloter 7 berangkat tanggal 14 dan terakhir Kloter 12 berangkat tanggal 20 Juni mendatang. Jumlah CJH yang bakal berangkat ini katanya terus bertambah. Dimana, sudah ada Surat Keputusan Menteri Agama terakhir dan NTB mendapat tambahan 430 orang.

Penambahan ini diambil dari jemaah yang masuk cadangan. Jumlah keseluruhan tambahan dari Lotim ini belum diketahui, karena masih menunggu keputusan dari Kantor Wilayah Kemenag NTB.

Ditambahkan, sesuai tema pemberangkatan haji tahun ini ramah lansia. Pasalnya, mulai musim haji tahun 2023 ini baru diizinkan kembali ada lansia yang diizinkan berangkat. Karena ramah lansia, sehingga tetap dilakukan pendampingan dan disiapkan kursi roda. Tim kesehatan juga disiapkan tiap kloter. (rus)