Formasi Nakes Paling Banyak, Rekrutmen PPPK di Lobar Bakal Diumumkan Juli-Agustus

0

Giri Menang (Suara NTB) – Pengumuman rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Lombok Barat (Lobar) diharapkan bisa dimulai bulan Juli atau Agustus, seperti tahun-tahun sebelumnya. Dari formasi yang diusulkan Pemkab Lobar, paling banyak formasi tenaga kesehatan (nakes).

Bupati Lobar H.Fauzan Khalid, S.Ag.,M.Si., mengatakan, untuk tahun 2023 ini Kabupaten Lobar mendapat formasi PPPK untuk tenaga kesehatan sebanyak 728 orang.  “Mudah-mudahan di bulan Juli atau Agustus sudah bisa diumumkan,” harap Bupati akhir pekan kemarin.

Sementara itu, Kepala BKD dan PSDM Lobar Jamaludin mengatakan, pihaknya telah mengusulkan formasi sebanyak 1.261 melalui E-formasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Sejauh ini, usulan itu belum ada jawaban dari kementerian terkait. “kita masih menunggu jawab dari pusat, mudah-mudahan segera kita dapat jawaban,” jelas dia.

Sebab sesuai harapan bupati, pengumuman formasi ini bisa dilakukan pertengahan tahun ini atau bulan juli atau Agustus seperti halnya tahun-tahun sebelumnya. Kemudian tahapan seleksi dilakukan pada awal tahun berikutnya (2024, red). Lebih jauh dijelaskan, formasi yang diusulkan melalui e reformasi berdasarkan PMK 212 tahun 2022 dengan jumlah 1.261 formasi.

Dirinci dari 1.261 formasi itu, terdiri dari 216 formasi guru dan nakes 728 formasi. Sementara kebutuhan untuk nakes sebanyak 738. “736 formasi usulan sesuai kebutuhan, tapi kalau sesuai PMK nomor 212 tahun 2022 sebanyak 728,”sebut dia.

Selain itu, diusulkan 317 formasi tenaga teknis. “Kita usulkan 317 formasi,” ujarnya.

Pihaknya mengusulkan formasi tenaga teknis untuk mengisi posisi yang banyak lowong akibat ASN yang pensiun. “Saat ini kita kekurangan banyak tenaga teknis di OPD,”ujarnya. (her)