Gubernur Kunjungi Para Pekerja Kelapa Sawit di Malaysia

0
Gubernur NTB, H.Zulkieflimansyah berkesempatan bersilaturahmi dengan pekerja asal NTB yang bekerja di perkebunan kelapa sawit di Malaysia. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, mengunjungi para pekerja asal NTB yang bekerja di perkebunan kelapa sawit, di Pulau Carey Malaysia, Rabu, 24 Mei 2023. ‘’Alhamdulillah semua kompak, semua sehat dan bersemangat,’’ ujar Gubernur setelah melihat dari dekat kondisi para pekerja asal NTB di negeri jiran.

Di tengah ladang perkebunan kelapa sawit yang  luasnya ribuan hektar, terdapat perumahan-perumahan yang diperuntukkan kepada pekerja-pekerja asal NTB. Satu rumah tersebut dihuni sekitar empat orang pekerja. Dan hampir di semua ladang sawit, yang piawai dan punya talenta untuk panen sawit kebanyakan tenaga kerja dari Lombok.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur juga mencoba secara langsung memetik kelapa sawit. Ia mengakui bahwa memetik kelapa sawit ternyata tidak sesederhana yang dilihat selama ini.

Pada kunjungan silaturahmi itu berkesempatan mendengar cerita Supriyadi, pekerja asal Lombok Timur (Lotim) yang sudah belasan tahun di Malaysia. Sekarang per bulan dia bisa menghasilkan hingga Rp15 juta bekerja di perkebunan sawit. Gubernur juga berkesempatan berdialog dengan para pekerja asal NTB. ‘’Masukan-masukan maupun keluhan yang disampaikan oleh para pekerja akan menjadi perhatian Pemerintah NTB juga perusahaan,’’ ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Malaysia Gubernur juga bertemu dengan Manajemen Sime Darby, Perusahaan Sawit terbesar di Malaysia, Pulau Carey. ‘’Terima kasih kepada Manajemen Sime Darby yang sudah begitu hangat menyambut kunjungan kami. Terima kasih telah menjadi rumah besar bagi tanaga kerja kami asal NTB,’’ ujar Gubernur.

Di perusahaan ini, ada ribuan pekerja dari NTB. Dalam kesempatan itu Gubernur NTB juga belajar tentang jenis kelapa sawit yang dikembangkan perusahaan itu. (r)