DPRD NTB Terima Aspirasi Nama Sekjen DPD RI Diusulkan Jadi Penjabat Gubernur

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah organisasi sosial kemasyarakatan (ormas) mulai menyampaikan aspirasi ke DPRD NTB terkait dengan nama-nama figur untuk diusulkan sebagai kandidat bakal calon Penjabat Gubernur NTB. Salah satu nama yang sudah masuk diusulkan oleh sejumlah ormas ke DPRD NTB yakni, Lalu Nikman Zahir yang kini sedang menjabat sebagai Sekjen DPD RI.

“Dukungan ini kami serahkan kepada Pimpinan DPRD NTB agar dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya,” kata Burhan Gani selaku Tim Penjaringan aspirasi Lalu Nikman Zahir, usai menyerahkan dokumen dukungan ormas dan kepemudaan Lalu Nikman Zahir sebagai calon Penjabat Gubernur kepada Ketua DPRD NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda pada Kamis, 25 Mei 2023 kemarin.

Ditempat yang sama, Ketua Kaukus Muda Pulau Sumbawa, M. Yunus Asfiah, menambahkan bahwa pertimbangan Kaukus Muda Pulau Sumbawa memberikan dukungannya kepada Sekjen DPD RI itu untuk diusulkan menjadi penjabat Gubernur NTB. Karena pihaknya menilai secara administratif, Lalu Niqman Zahir, memenuhi syarat untuk ditunjuk dan ditetapkan sebagai Penjabat Gubernur NTB sebagaimana amanat peraturan perundang-undangan tentang penunjukan dan penetapan Penjabat Gubernur.

“Selain itu, Lalu Niqman Zahir adalah putra daerah yang sangat mengenal dan memahami kondisi dan konstruksi sosial dan budaya masyarakat NTB. Sisi lainnya, Lalu Nikman Zahir memiliki kecakapan dan kapabiltas dalam memimpin NTB. Hal ini ditandai dengan latar belakang karirnya yang dimulai dari jabatan Sekcam Gangga KLU hingga menduduki jabatan Sekjen DPD RI,” terangnya.

“Dan yang paling pokok, Lalu Nikman Zahir, memiliki kemampuan dan kecakapan dalam membangun koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak. Khususnya koordinasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan serta lintas organisasi pemerintah dan organisasi sosial kemasyarakatan,” sambungnya.

Sementara itu Ketua DPRD NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda yang didampingi Wakil Ketua, H. Muzihir saat menerima perwakilan ormas tersebut memberikan apresiasi. Karena nama Lalu Nikman Zahir dari segi persyaratan sangat memenuhi kriteria untuk diusulkan jadi Penjabat Gubernur NTB, terlebih dia juga merupakan putra daerah yang kini menjabat sebagai Sekjen DPD RI.

“Dukungan terhadap Lalu Niqman Zahir ini tidak hanya berasal dari masyarakat NTB. Bahkan Ketua DPD RI serta seluruh anggota DPD RI mendukung beliau ini (Lalu Nikman Zahir, red). Mudah-mudahan tiga nama yang diajukan oleh Kemendagri RI ini ke Presiden termasuk salah satunya adalah nama Lalu Nikman Zahir,” katanya.

Diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negari (Permendagri) nomor 4 tahun 2023 tentang tata cara pengisian Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati dan Penjabat Walikota yang akan lowong di sejumlah daerah akibat kebijakan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024. DPRD diberikan kewenangan ini ikut mengusulkan tiga nama bakal calon Penjabat Gubernur.

“Ya Permendagrinya di sana disebutkan hanya dua lembaga yang berwenang untuk mengusulkan Penjabat Gubernur. Yakni Mendagri sendiri atas masukkan dari berbagai macam lembaga dan DPRD dari hasil serapan aspirasi masyarakat,” jelas Isvie.

Lebih lanjut dikatakan Isvie, jika melihat masa berakhirnya masa jabatan Gubernur NTB per bulan September 2023 ini. Maka paling lambat DPRD NTB sudah harus mengusulkan Penjabat pada bulan Juli, atau tiga bulan sebelum masa jabatan Gubernur NTB berakhir pada September mendatang.

Ditegaskan Isvie bahwa dalam proses pengusulan oleh DPRD nantinya, pihaknya akan melakukan dengan sangat terbuka dan transparan. “Kita mulai menerima masukan dari masyarakat, lalu kita rapat fraksi, untuk kita rapat Paripurnakan. Kita mau terbuka dan transparan tidak ada yang akan ditutupi, kita bersama-sama lah,” tegasnya. (ndi)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Gubernur NTB: NTB Siap Berbagi Strategi Ekonomi

0
Mataram (Suara NTB) - Industrialisasi terbukti memulihkan dan membangun ekonomi Nusa Tenggara Barat usai bencana gempa 2018. Lantas, pasca-relaksasi ekonomi selepas pandemi, strategi menggelar...

Latest Posts

Gubernur NTB: NTB Siap Berbagi Strategi Ekonomi

Mataram (Suara NTB) - Industrialisasi terbukti memulihkan dan membangun...

Bunda Niken: Kader PKK Adalah Orang-Orang Hebat

Mataram (Suara NTB) - Ketua Tim Penggerak PKK NTB,...

Lewat BRImo Future Garuda, BRI Dorong Talenta Muda Timba Ilmu Dari Empat Legenda Sepak Bola Dunia

Jakarta (suarantb.com) - Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 di kancah...

NTB Kembangkan Industrialisasi Minyak Kayu Putih di Areal Perhutanan Sosial

Mataram (Suara NTB) - Lahan kering dan curah hujan...

Politik Identitas Dan Ancaman Demokrasi Menjelang Kontestasi Pemilu 2024

Oleh: Jhoni Sutangga, S.Fil.I., M. Sos. (Jurnalis Radar Mandalika,...