Belajar dari Tahun Lalu, MXGP 2023 Harus Lebih Baik

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah didampingi Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd, memimpin Rapat Koordinasi Gabungan Tim Fasilitas Daerah, Selasa, 23 Mei 2023. Menjelang event Internasional MXGP World Championship 2023, yang digelar Juni mendatang di Sirkuit Samota.

Dalam rapat yang dihadiri para Anggota Forkopimda, para Asisten/Staf Ahli Bupati, serta para Pimpinan OPD tersebut, Bupati menegaskan pentingnya konsolidasi, sinergitas dan kerjasama semua pihak. Demi suksesnya MXGP Samota 2023. “Perhelatan MXGP yang kedua ini harus sukses. Sebagai masyarakat Sumbawa kita harus bisa terus dan tetap membawa nama baik Sumbawa di setiap event, termasuk di event MXGP ini, apalagi MXGP merupakan salah satu ajang International yang bergengsi,” ujar Bupati

Selain itu, mengingat bahwa perhelatan MXGP 2023 tinggal menghitung hari,  Bupati bersama Wabup Sumbawa menghimbau seluruh pimpinan OPD untuk mulai mengerjakan tugas-tugas sesuai dengan tupoksinya. “Perlu ada rapat khusus internal di bidang masing-masing. Tim Pelaksana juga bisa langsung berjalan sesuai bidangnya masing-masing,”kata Bupati dalam arahannya.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati. Jalannya MXGP memerlukan dukungan dari masyarakat, seluruh bidang dan Tim Pelaksana, Polres Sumbawa. Serta perlunya perbaikan dari kekurangan dan kelemahan pada tahun kemarin.

Dari Rapat tersebut terdapat beberapa poin yakni Polres Sumbawa yang berkoordinasi dengan TNI akan terus mengamankan jalannya MXGP demi kesempurnaan jalan nya event mxgp. Kelancaran jalannya Event MXGP akan meningkatkan ekonomi daerah dan pemajuan Pariwisata Kabupaten Sumbawa.

Adanya event MXGP menjadi moment untuk memperkenalkan Kabupaten Sumbawa ke Seluruh Indonesia Dan Dunia. Dalam Penyelengaraan event MXGP ini masih perlu adanya Peningkatan iklan/promosi baik secara langsung melalui spanduk di tempat-tempat strategis ataupun melalui media Sosial yang disertakan dengan jadwal Kegiatan dari penyelengaraan event MXGP. Kemudian promosi untuk memancing UMKM untuk memamerkan produknya guna meningkatkan ekonomi masyarakat. Serta harus dapat transfaran informasi.

Doa Bersama

Pada Sabtu, 20 Mei 2023, Pemkab Sumbawa menggelar doa bersama di kawasan sirkuit MXGP Samota. Seiring dimulainya penataan sirkuit dimaksud.  Untuk kelancaran penataan hingga pelaksanaan event Internasional tersebut nantinya.

Doa bersama diikuti Wakil Bupati Sumbawa, Sekda, Waka Polres, Kasdim 1607, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala OPD, para ASN, Pengurus Masjid Agung Sumbawa, serta anak yatim piatu. Melalui kegiatan ini, Pemkab meminta kelancaran proses penataan Sirkuit Samota guna mensukseskan pelaksanaan MXGP of Indonesia seri ke 10 Tahun 2023. “Semoga Allah SWT memberikan rahmatnya. Semoga acara MXGP berjalan lancar, kondusif untuk kita semua,”harap Wabup.

Pada kesempatan tersebut, Wabup menyampaikan beberapa hal penting. Pertama, pada penyelenggaraan kedua kalinya MXGP di Sumbawa, kawasan sirkuit Samota telah resmi menjadi milik Pemkab Sumbawa. Kedepan, akan dibangun sport center di lokasi ini. “Kita berharap Pemprov dan Pemerintah Pusat  bisa memberikan bantuan untuk pembangunan sport center,”harapnya.

Kedua, lanjut Wabup, kegiatan pendukung untuk persiapan MXGP Samota 2023 sudah mulai dilaksanakan. Seperti, Gasstrax telah sukses digelar. Kemudian Pacuan Kuda yang saat ini sedang berlangsung. Serta Samota 10K pada 18 Juni mendatang. “Acara-acara untuk persiapan MXGP Samota 2023 sudah dilaksanakan dan ini sedang berjalan,”sebutnya.

Tidak kalah penting menurut Wabup, semua kegiatan tersebut melibatkan pelaku Usaha Kecil Menegah (UMKM). Mengingat dampak MXGP Samota tahun 2022 lalu terhadap geliat UMKM cukup siginifikan. Sehingga diharapkan geliat tersebut terus berlanjut bagi tumbuh kembangnya UMKM di daerah ini.

Wabup pun mengajak semua pihak agar mendukung pelaksanaan MXGP Samota 2023 ini. Mengingat dampak positifnya bagi kemajuan Tau dan Tana Samawa. (arn)