Track Master Pantau Pembangunan Sirkuit MXGP Lombok

0

Mataram (Suara NTB) – Proses pembangunan Sirkuit MXGP Lombok di eks Bandara Selaparang Kota Mataram cukup menggembirakan. Sejak mulai dikerjakan tanggal 9 Mei lalu,  progres pengerjaan sirkuit yang berada di atas landasan pacu pesawat ini sudah mencapai 25 persen.

Komandan MXGP Lombok dr. H.Lalu Herman Mahaputra M.Kes MH mengatakan, pembangunan sirkuit MXGP Lombok terus dikebut dan ditargetkan paling lambat seminggu sebelum gelaran balap, sirkuit sudah tuntas dikerjakan.

“Sudah 25 persen. Kita masih mengumpukan material. Panjang sirkuitnya kan 1,6 km dan obstacle kira-kira 17 titik,” kata H.Lalu Herman Mahaputra atau dr. Jack usai pelaksanaan rapat koordinasi (Rakor) yang berlangsung di Kantor Gubernur NTB, Senin, 22 Mei 2023.

Ia mengaku sejauh ini tak ada kendala yang dihadapi terkait dengan pengurugan atau pengumpulan material tanah. Sebab tanah untuk membangun sirkuit diambil langsung dari lokasi eks Bandara Selaparang. Sehingga proses transportasi dari sumber pengambilan tanah dan titik sirkuit lebih cepat.

“Kalau masalah tanah sudah clear, sudah ada MoU Pemrprov dan Angkasa Pura. Lahan ini milik BUMN, bukan perorangan. Sudah running,” terangnya.

Untuk desain sirkuit dan hal-hal teknis lainnya diatur oleh Mr. Greg yang menjadi track master dari Infront yang sudah datang ke Mataram sejak hari Minggu kemarin. Dia yang akan memastikan terkait dengan desain sirkuit yang disesuaikan dengan kebutuhan pembalap.

Total lahan milik PT. Angkasa Pura di eks Bandara Selaparang seluas 68 hektare. Namun yang digunakan sebagai lokasi sirkuit MXGP sekitar 2,2 hektare dengan panjang lintasan balapan 1,6 kilometer dan 17 obstacle.

Di MXGP Samota, dr. Jack manergetkan penonton bisa mencapai 100 ribu orang. Hal ini karena lokasi sirkuit berada di dalam kota yang aksesnya sangat mudah dijangkau. Ditambah lagi dengan harga tiket yang terjangkau serta akomodasi dan transportasi yang relatif mudah.

Sementara itu Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah secara langsung ikut memantau proses pembangunan Sirkuit MXGP Lombok di eks Bandara Selaparang. Ia menemani Mr. Greg pada Senin kemarin untuk memastikan kelancaran proses pembangunan sirkuit. “Insya Allah akan indah pada waktunya soon,” kata Gubernur.(ris)