Gubernur dan Walikota Mataram Bertekad Sukseskan MXGP Lombok

0

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menyatukan tekad untuk mensukseskan event Motocross Grand Prix (MXGP) Lombok di Eks Bandara Selaparang Kota Mataram.

Gubernur mengatakan, event internasional seperti MXGP akan menjadi stimulus pembangunan dan pengungkit ekonomi masyarakat. Karena itulah pihaknya berharap event ini harus terselenggara dengan sebaik mungkin untuk memaksimalkan multiflier effect yang ditimbulkan.

‘’Event balap motor ini bukan hanya balap semata, melainkan ini adalah eksternalitas untuk pengungkit aktivitas kegiatan pembangunan di NTB,’’ kata Gubernur dalam Rapat Koordinasi Persiapan MXGP 2023 di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur, Senin, 22 Mei 2023.

Ia mengatakan, lahan yang luasnya 68 hektare di eks Bandara Selaparang itu akan dimanfaatkan secara maksimal dan dihidupkan kembali. Sehingga aktivitas bisnis di kota Mataram akan menggeliat. ‘’Jika ini sukses, saya yakin aktivitas bisnis di Kota Mataram akan menggeliat bangkit, Senggigi akan hidup bahkan Lombok Utara dengan Tiga Gili akan kecipratan atas berbagai aktivitas lainnya,’’ ujarnya.

Selain menjadi kebangkitan ekonomi, event MXGP ini dapat meningkatkan lapangan kerja, pariwisata, okupansi hotel dan lain sebagainya.

Senada dengan Gubernur, Walikota Mataram, H Mohan Roliskana siap menyukseskan penyelenggaraan MXGP Lombok 2023 yang akan berlangsung Juli mendatang. Walikota Mataram mengatakan,  bersama seluruh stakeholder mulai dari jajaran pemerintahan, keamanan, pelaku bisnis dan masyarakat berkomitmen untuk mensukseskan agenda internasional ini.

‘’Event internasional ini tidak semata event olahraga tapi eksternalitas positif yang berdampak pada banyak sektor ekonomi Kota Mataram,’’ ujar Mohan.

Ia berharap event ini mampu menjadi daya ungkit perputaran ekonomi dalam sektor akomodasi, transportasi dan UKM. Terlebih pemanfaatan lahan eks bandara Selaparang di masa depan yang kerjasama pemanfaatannya telah diserahkan kepada Pemprov NTB oleh Angkasa Pura I, BUMN yang mengelola aset Bandara Selaparang.

Untuk itu ia mengapresiasi ikhtiar Gubernur dan yang dilakukan Pemprov NTB dalam menghadirkan berbagai event internasional sekaligus menempatkan Pemkot Mataram menjadi daerah tuan rumah MXGP 2023 yang akan berlangsung  1-2 Juli mendatang setelah putaran pertama MXGP di Samota, Sumbawa.

Sementara itu, Polda NTB memastikan penyelenggaraan event internasional MXGP Lombok Sumbawa 2023  menghadirkan keamanan dan kenyamanan. ‘’Mudah-mudahan tahun ini koordinasi dan komunikasi lebih baik. Tidak ada keterlambatan mengingat pelaksanaan event cukup mepet,’’ ujar Karo Ops Polda NTB, Kombes.Pol. Abu Bakar Tertusi mewakili Kapolda NTB dalam rapat tersebut.

Hal itu dikatakannya mengingat pelaksanaan putaran pertama MXGP di Samota Sumbawa pada 23 – 25 Juni jeda sepekan dengan MXGP Lombok di eks Bandara Selaparang pada 1 – 2 Juli. Apalagi bertepatan dengan 1 Juli yang merupakan perayaan hari ulang tahun Polri.

Namun demikian, Abu Bakar memastikan dukungan profesional Polda NTB dalam menyukseskan berbagai event internasional seperti MXGP Lombok Sumbawa 2023 tertangani dengan baik. Polda NTB berharap seluruh bentuk perizinan tidak boleh diabaikan dan clear sebelum pelaksanaan. Hal ini menurut Abu Bakar harus menjadi atensi agar dukungan keamanan dapat menghadirkan kenyamanan bagi semua pihak.

Untuk diketahui penyelenggaraan event MXGP tahun 2023, akan digelar dua seri. Pertama di Sirkuit Samota Sumbawa pada 25-26 Juni, dan di Sirkuit eks Bandara Selaparang tanggal 1-2 Juli mendatang. (ris)