Nelson Pétanque Club Diluncurkan, Diharapkan Jadi Pusat Pembinaan Atlet Petanque Junior

0

Mataram (Suara NTB) – Nelson Pétanque Club (NPC) dan tempat latihan atau Training Ground NPC yang terletak di Jalan Ki Hajar Dewantara, Gang Kenangan, Kelurahan Karang Taliwang, Kota Mataram resmi diluncurkan pada Sabtu, 20 Mei 2023. Ketua

Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) NTB, Ir. Ridwan Syah, M.Sc., M.M., M.T.P., hadir langsung meresmikan Training Ground NPC itu.

Ketua FOPI NTB, Ridwan Syah berfoto bersama dengan tamu undangan dan pengurus NPC.

Peresmian NPC ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua FOPI NTB, Ridwan Syah disaksikan Ketua NPC, Ni Komang Murtini, S.Pd.; Lurah Karang Taliwang, Lalu Halit Wahyu Jati, SE., ME.; Rektor Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma), Prof. Kusno, DEA., Ph.D., dan dihadiri juga oleh Ketua FOPI Kota Mataram, Yeyen Seprian Rachmat, serta tamu undangan lainnya. Peluncuran NPC juga diwarnai dengan turnamen mini terbuka.

Ketua FOPI NTB, Ridwan Syah (kiri) memberikan piagam penghargaan kepada Ketua NPC, Ni Komang Murtini.

Ketua NPC, Ni Komang Murtini, S.Pd., menceritakan awal mula mengenal pétanque karena diperkenalkan oleh Hj. Sumintri Wido yang merupakan orang tua dari Ibu Niken Zulkieflimansyah atau ibu mertua dari Gubernur NTB. Dari perkenalan itu membuat Komang Murtini mencintai pétanque. “Kenapa NPC ini sampai berdiri? Karena refleksi kecintaan saya terhadap pétanque,” ujar Komang Murtini.

Ia membeberkan, NPC ke depannya hanya untuk atlet junior SD dan SMP, karena di NTB belum ada atlet juniornya.

“Setelah secara pribadi saya main di Jawa Timur, Bali, dan Malaysia, semua punya atlet junior. Di NTB belum punya, di situ ada pemikiran untuk memajukan pétanque NTB ini ke tingkat internasional nantinya. Kami akan menyediakan atlet profesioal di NPC, dimulai dari SD dan SMP, semoga nantinya bisa masuk PON di 2028, dan bisa go internasional hingga ke Prancis,” harapnya.

Komang Murtini menyebutkan, NPC sudah berbadan hukum dan memiliki SK. Ketua FOPI NTB, Ridwan Syah juga memberikan piagam penghargaan kepada Ni Komang Murtini sebagai pembina NPC.

Ia berharap semua masyarakat NTB bisa mendukung pétanque. Pihaknya di NPC akan memperkenalkan pétanque ke anak-anak untuk bermain tanpa ada beban. “Supaya bisa mencintai dulu, setelah cinta, baru kami latih secara profesional ke depan,” ujar Komang Murtini yang didampingi suaminya, I Nyoman Nelson Giri, S.H., M.H.

Momen peresmian NPC dan peluncuran tempat latihan pada momen Hari Kebangkitan Nasional, menurutnya sebagai momen yang sangat tepat. Apalagi pada Sabtu (20/5) itu umat Hindu memperingati hari Saraswati yang merupakan peringatan turunnya ilmu pengetahuan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua FOPI NTB dan sebagai wakil ketua KONI NTB, FOPI Mataram, Lurah, dan Rektor Undikma serta pihak lainnya yang menyempatkan ikut hadir dan ikut berkompetisi dalam turnamen mini. Harapan besarnya kami mampu mencetak atlet pétanque agar menjadi yang terbaik,” harap Komang Murtini.

Ketua FOPI NTB, Ir. Ridwan Syah, M.Sc.,M.M., M.T.P., merasa bersyukur dan memberi apresiasi terhadap Ni Komang Murtini yang sudah menginisiasi Nelson Petanque Club. Hal ini merupakan bagian dari sebuah upaya keras para pengurus pétanque menyosialisasikan olahraga pétanque. Diakuinya, pétanque merupakan olahraga relatif baru di NTB, walau sudah ada sejak tahun 1900-an di Prancis. Di Indonesia dan NTB rekatif baru, FOPI NTB pun baru ada dua tahun.

Dengan adanya NPC akan semakin banyak tempat bagi para pemain pétanque untuk berlatih. “Harapan kita, klub ini bisa menjadi bagian dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mudah-mudahan muncul ibu Ni Komang Murtini lain di tengah masyarakat,” harap Ridwan Syah yang juga menjabat Kepala Dinas PUPR NTB.

Ridwan juga mendorong masyarakat membuat tempat latihan pétanque. Ia memberikan apresiasi kepada Ni Komang Murtini atas hadirnya tempat latihan dan klub NPC ini. Apalagi pétanque menjadi salah satu cabang olahraga yang akan ikut di Pra-PON dan PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

“Beliau (Ni Komang Murtini) pecinta pétanque. Apalagi membentuk klub, mereka akan berlatih, meningkatkan prestasi, insyaallah akan meraih medali emas di PON dengan munculnya klub,” harap Ridwan Syah.

Lurah Karang Taliwang, Lalu Halit Wahyu Jati, SE., ME., mengapresiasi hadirnya NPC di wilayah kelurahan Karang Taliwang. Ia menilai NPC sangat positif. “Dengan adanya kegiatan positif di Kelurahan Karang Taliwang bisa mengubah stigma dari masyarakat luar. Kami sangat mendukung kegiatan ini. Dukungan kami dengan memberikan izin, kami juga ikut berpartisipasi dalam pembinaan masyarakat,” ujarnya.

Ketua FOPI Kota Mataram, Yeyen Seprian Rachmat menyampaikan, hadirnya NPC menjadi sistem pendukung bagi cabor pétanque di Kota Mataram dan NTB secara umum. Klub ini merupakan tempat pembinaan prestasi.

“Ini duungan pihak swasta dalam memajukan cabor pétanque ini secara bersama. Kami atas nama FOPI Kota Mataram menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya ada kelompok masyarakat yang menginisiasi karena kecintaan terhadap cabor pétanque ini. Ke depan kami berharap klub ini menghasilkan atlet, tidak hanya di Kota Mataram tapi juga di nasional,” harapnya.

Rektor Undikma, Prof. Kusno juga mengapresiasi hadirnya NPC yang dilengkapi tempat latihan. Hadirnya NPC diyakini akan berdampak bagus untuk NTB, terlebih lagi NPC hadir untuk membina anak SD dan SMP.

“Mudah-mudahan ini sebagai stimulan untuk klub lain, sehingga kita tidak tertinggal dengan provinsi lain,” harapnya. (ron)