Selain Balap Motor, NTB Siap Gelar L’Etape dan GFNY di Lombok

0

Mataram (Suara NTB) – Selain menjadi tuan rumah sejumlah event balap motor internasional seperti MotoGP, World Superbike (WSBK) dan Motocross Grand Prix (MXGP), Provinsi NTB juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap sepeda.

Gubernur NTB, Dr. H Zulkieflimansyah bersama bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno telah melaunching event sepeda dunia GFNY pada Senin, 15 Mei 2023 di Jakarta. GFNY tersebut akan dilaksanakan di Lombok bulan November 2023.

Gubernur memaparkan, event L’Etape juga akan dilaksanakan tanggal 28 Mei 2023 di Mandalika. Kedua event sepeda kelas dunia ini akan diikuti setidaknya oleh lebih dari 1500 peserta beserta keluarga-keluarga mereka. Sehingga wisata olahraga ini diharapkan bisa memberi dampak optimal bagi masyarakat NTB.

‘’Dengan berbagai event sepeda dunia seperti L’Etape dan GFNY, Insya Allah pariwisata NTB akan semakin menggeliat dan berkembang,’’ kata Gubernur.

Menparekraf sendiri memuji Zulkieflimansyah yang dinilainya sangat aktif dalam melaksanakan sejumlah kegiatan internasional, baik di Lombok maupun Sumbawa. Semua event itu akan berkontribusi positif terhadap kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB pasca pandemi.

‘’Gubernur NTB tidak kenal lelah dalam menghadirkan event berkelas dunia untuk kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB,’’ ungkap Menparekraf.

Untuk diketahui, balap sepeda L’Etape Indonesia by Tour de France 2022 sebelumnya digelar di Mandalika pada tanggal 20 Februari 2022 yang berjalan dengan sukses. Total ada 1.300 peserta yang berasal dari Indonesia dan berbagai negara lainnya berpartisipasi mengikuti L’Etape tersebut.

L’Etape Indonesia merupakan ajang balap sepeda yang dipersembahkan oleh Tour de France A.S.O (Amaury Sport Organization) bekerja sama dengan promotor olahraga asal Indonesia, Rocca. Saat itu ribuan peserta tetap antusias mengikuti L’Etape Indonesia untuk merasakan sensasi balapan seperti Tour de France dengan mengambil jalur yang penuh dengan spot wisata di Lombok.

Sementara itu, GFNY Mandalika 2023 seperti dikutip dari www.gfny.com akan berlangsung tanggal 26 November. Jarak tempuh yang akan dilalui oleh para pembalap sepanjang 136 km dengan panjang tanjakan sekitar 1.675 meter.

Start and finis GFNY Mandalika akan berlangsung di sirkuit Mandalika yang selama ini digunakan untuk event MotoGP dan WSBK. Para pembalap akan melewati trek sirkuit selama beberapa putaran dan kemudian melewati jalan yang bergelombang sekitar 70 Km dengan mengambil rute pinggir pantai. Setelah melewati jalanan menanjak dan beberapa tantangan lainnya, para pembalap akan finis di Sirkuit Mandalika. (ris)

Kutipan: ‘’Gubernur NTB tidak kenal lelah dalam menghadirkan event berkelas dunia untuk kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB

(Sandiaga S.Uno)