Event MXGP, ASITA Siap Berikan Layanan pada Penonton

0

Mataram (Suara NTB) – Pelaksanaan event Motocross Grand Prix (MXGP) seri Indonesia di Samota Sumbawa 26 Juni 2023 dan di eks Bandara Selaparang Kota Mataram tanggal 2 Juli mendatang tinggal menghitung hari.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh panitia di daerah dalam mensukseskan event berskala internasional ini. Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, Selasa, 9 Mei 2023 melakukan groundbreaking pembangunan sirkuit di eks Bandara Selaparang Kota Mataram.

Dalam mensukseskan pelaksanaan MXGP ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah daerah, namun seluruh elemen masyarakat yang ada di daerah ini. Salah satunya adalah pengusaha biro perjalanan wisata yang tergabung dalam ASITA.

Ketua ASITA NTB Dewantoro Umbu Joka, menegaskan kesiapan pihaknya dalam membantu pemerintah dalam memasarkan sejumlah event internasional yang digelar di NTB. Meski demikian, pihaknya tidak akan bisa bergerak sendiri, jika dari kalangan pemerintah atau organisasi motor yang ada tidak melakukan promosi ke daerah lain.

 Dicontohkannya, MXGP merupakan kegiatan olahraga menggunakan sepeda motor, maka organisasi yang menaungi komunitas pecinta motor atau lainnya bisa mempromosikan ke komunitas atau organisasi motor di seluruh Indonesia atau di kawasan ASEAN.

Sementara  pihaknya selaku agen perjalanan tinggal memfasilitasi masalah transportasi, baik udara atau darat. Termasuk memfasilitasi masalah penginapan, baik di Pulau Sumbawa atau Lombok. “Makanya, semuanya harus bergerak. Komunitas pecinta motor harus mempromosikan ke komunitas pecinta motor lainnya di seluruh Indonesia. Kita tinggal memfasilitasi masalah transportasi dan akomodasi penginapan lainnya,” ungkapnya.

Diakuinya, untuk akomodasi di Pulau Sumbawa belum selengkap yang ada di Pulau Lombok. Namun, untuk MXGP, para pecinta atau komunitas tidak mesti harus menginap di hotel. Menurutnya, banyak di antara mereka yang menginap di tempat terbuka atau menggunakan camping ground.

Sementara pelaksanaan MXGP di Pulau Lombok, pihaknya tidak khawatir mengenai akomodasi penginapan atau masalah transportasi, karena penonton bisa menginap di banyak hotel, baik yang ada di Kota Mataram dan daerah lainnya di Pulau Lombok.

Menanggapi hal ini, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB Baiq Ika Wahyu Wardani, menegaskan, jika pihaknya sudah melakukan promosi berbagai event internasional yang digelar di NTB, salah satunya MXGP di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

“Beberapa waktu lalu, kami mengikuti Ajang ASEAN Tourism Forum (ATF) dan ASEAN Homestay Forum (AHF) di Yogyakarta. Termasuk mengikuti kegiatan Matta Fair di Malaysia. Jadi kami terus lakukan promosi terhadap event-event berskala internasional di NTB,’’ ujarnya. (ham)