KONI KLU Bangga, Zohri Sumbang Perunggu di SEA Games 2023 Kamboja

0

Tanjung (Suara NTB) – Capaian pelari Indonesia asal Lombok Utara, Lalu M. Zohri pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja, disambut antusias Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) KLU. Prestasi ini tidak hanya mengharumkan nama daerah di pentas internasional, tetapi juga membanggakan bagi Indonesia.

“Cukup plong ketika atlet Atletik saudara Zohri meraih medali Perunggu pada nomor lomba 200 meter. Suatu capaian yang relatif menggembirakan,” ujar Humas KONI KLU, Mujaddid Muhas, MA., kepada Suara NTB, Senin, 8 Mei 2023.

Mujadid mengakui, mendapat informasi raihan medali Perunggu untuk Indonesia dari Atlet andalan nasional, L. Muhammad Zohri, dari media nasional.  Baginya, prestasi ini menjadi bukti bahwa Zohri mampu menjaga kepercayaan dan harapan masyarakat Indonesia di ajang bergengsi negara-negara Asia Tenggara.

“Semoga pada saat nomor lomba 100 meter dan 400 meter, saudara Zohri bisa meraih medali lagi,” harapnya.

Sebagai pelaksana KONI di KLU, mantan Kabag Humas Pemda KLU ini ikut bangga karena Zohri kembali menggaungkan nama Lombok Utara, Provinsi NTB, bahkan nama bangsa di lancang internasional. Dirinya juga berharap, prestasi Zohri ini menjadi contoh positif bagi generasi muda khususnya di KLU untuk berkiprah di dunia olahraga.

KONI KLU sendiri, mengantongi beberapa atlet lari andalan lain yang mendampingi Zohri. Sebut saja, Sudirman Hadi, Mirawan, dan Agus.

“Harapannya, prestasi yang telah ditoreh sdr Zohri, diikuti bahkan terukir lebih bagus dari Zohri pada masa mendatang.”

Mujaddid menambahkan, KONI KLU atau Pemda KLU masih harus membenahi manajemen keolahragaan di daerah dan melengkapi sarana prasarana yang memadai. Kedua aspek tersebut menurutnya, menjadi kekurangan Lombok Utara. Jika keduanya diperbaiki, dirinya optimis bisa meraih prestasi olahraga di kancah-kancah bergengsi.

“Tentunya melalui pembenahan gradual, penyediaan sarana yang komplementer serta pembinaan atlet Cabor secara holistik. Salam olahraga,” pungkasnya.

Menahan Sakit

Seperti diketahui, Lalu Muhammad Zohri, pelari kebanggaan masyarakat Lombok, NTB, jadi andalan Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Pelari kelahiran Lombok Utara ini, menjalani debut di nomor 200 meter putra SEA Games 2023 Kamboja. Hasilnya, Zohri meraih medali perunggu di Mrodok Tecno National Stadium, Phnom Penh, Senin, 8 Mei 2023.

Zohri tampil kurang maksimal karena menderita nyeri di kakinya jelang lomba. Zohri berlari sembari menahan rasa sakit di kakinya. Walhasil, ia pun hanya mampu finis ketiga dan menorehkan catatan 21,02 detik. Zohri finis di belakang sprinter Thailand, Soraoat Dapbang yang menorehkan waktu 20,52 detik serta pelari Vietnam, Ngoc Nghia Ngan, dengan 20,84 detik.

Raihan medali perunggu ini terbilang bagus bagi Zohri. Pasalnya, ini untuk kali pertama dia tampil pada nomor tersebut dan Zohri pun dalam kondisi yang tidak optimal. “Ini pertama kali saya turun di nomor 200 meter di luar Indonesia. Bersyukur karena sudah mendapatkan medali,” ujar Zohri usai lomba, dikutip dari Antara.

Zohri memang pelari dengan spesialis nomor 100 meter. Tak heran jika dirinya tak pernah mengikuti event internasional untuk nomor 200 meter dan ini merupakan debutnya pada nomor tersebut. Dalam usahanya mempersembahkan hasil terbaik, Zohri sempat mengalami kendala. Dia merasa nyeri pada kaki menjelang lomba sehingga tidak bisa tampil maksimal. “Pagi tadi saat latihan saya mengalami masalah di kaki. Ada rasa sakit sebelum masuk lapangan,” ungkap Zohri. “Pelatih juga menyarankan untuk tidak berlomba bila tidak memungkinkan tetapi saya berusaha dan memang di tengah-tengah perlombaan tadi terasa kembali.” (ari/ist)