Jelang KTT Asean, Pengamanan Menuju Labuhan Bajo di Pelabuhan Sape Diperketat

0

Bima (Suara NTB) – Puluhan personel gabungan yang terdiri dari anggota Porles Bima Bima, Brimob, Polsek Sape dan Kodim 1608 Bima dikerahkan serta disiagakan di wilayah Pelabuhan Sape Kecamatan Sape Kabupaten Bima.

Pengerahan puluhan personel gabungan TNI-Polri itu untuk memperketat pengamanan jalur menuju Labuhan Bajo NTT di Pelabuhan Sape menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean tahun 2023 pada 10-11 Mei di Labuhan Bajo NTT.

Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi S.IK mengatakan pihaknya mengerahkan personel gabungan di Pelabuhan Sape karena menjadi salahsatu wilayah penyangga yang berbatasan langsung dengan Labuhan Bajo yang menjadi lokasi pelaksanaan KTT Asean tahun 2023.

“Sebagai wilayah penyangga Labuhan Bajo yang menjadi tempat KTT Asean, Pelabuhan Sape harus tetap aman dan kondusif,” katanya.

Rohadi mengaku di Pelabuhan Sape juga telah dibangun Pos Satgas Penyangga. Pasukan yang dilibatkan dalam Satgas itu yakni personel gabungan dari Kodim 1608 Bima, Yon C Pelopor Satbrimobda Polda NTB, Polres Bima Kota dan Polsek Sape.

“Selain di darat, personel Pos Satgas Penyangga ini juga akan melakukan patroli dan pengamanan di wilayah perairan laut Sape,” katanya.

Rohadi menghimbau seluruh personel yang dikerahkan di Pos Satgas Penyangga agar tidak lengah. Tetap waspada serta memastikan wilayah penyangga agar tetap terjaga, aman dan selalu kondusif.

“Saya harapkan seluruh personel melaksanakan tugas sesuai SOP yang diterapkan,” katanya.

Selain itu, Rohadi juga mengajak masyarakat wilayah hukum Polres Bima Kota untuk bersama-sama menjaga kamtibmas agar tetap kondusif, mendukung serta mensukseskan pelaksanaan KTT Asean di Labuan Bajo. (uki)