Mudik Lebaran 2023 Penumpang di BIZAM Diprediksikan Tembus 91 Ribu

0

Praya (Suara NTB) – Angkasa Pura (AP) I Lombok Internatioal Airport (LIA) memprediksikan akan ada sekitar 91 ribu lebih pergerakan penumpang di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) selama musim mudik lebaran tahun ini. Terjadi kenaikan sekitar 7 persen dari penumpang pada mudik lebaran tahun lalu yang berada diangka 85 ribu penumpang. Dukungan pelayanan pun telah dipersiapkan PT. AP I LIA, untuk memastikan para penumpang pesawat udara mendapat pelayanan terbaik.

“BIZAM siap melayani pergerakan penumpang selama arus mudik Lebaran 2023 ini. Baik dari sisi infrastruktur maupun layanan,” terang General Manager (GM) PT. AP I LIA, Rahmat Adil Indrawan, dalam keteranganya, Sabtu, 15 April 2023 kemarin.

Saat ini pergerakan penumpang harian di BIZAM jelang lebaran diangka 5 ribu orang. Naik dari angka diawal bulan Ramadan kemarin. Dan, diprediksikan akan mencapai puncaknya pada tanggal 19 April mendatang atau H-3 lebaran, diangka 6 ribu orang untuk arus mudik serta tanggal 26 April untuk arus balik.

“Prediksi kami puncak pergerakan penumpang akan terjadi tiga hari sebelum lebaran,” sebut Adil. Dengan total pergerakan pesawat nantinya diperkirakan mencapai 859 pergerakan. Naik 10 persen dibandingkan tahun 2022 lalu dengan 784 pergerakan pesawat.

Disinggung penerbangan tambahan atau extra flight, sejauh ini baru maskapai Citilink yang telah mengajukanya. Yakni untuk rute Lombok-Bali dan Bali-Lombok mulai tanggal 15-30 April 2023 mendatang, masing-masing dua penerbangan. Diluar itu, pihaknya masih menunggu pengajuan dari maskapai lainya.

Secara umum penumpang di BIZAM selama tahun 2023 ini menunjukkan trens yang positif. Di mana sepanjang triwulan pertama tahun ini tercatat terjadi peningkatan pergerakan penumpang pesawat udara sebesar 20 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Di angka 515.629 oang penumpang. Berbanding 428.610 penumpang pada periode yang sama tahun lalu.

“Pergerakan pesawat udara juga mengalami peningkatan sekitar 19 persen. Dari 4.667 pergerakan pesawat pada triwulan pertama tahun 2022, naik menjadi 5.572 pergerakan pesawat pada awal tahu ini,” tandasnya.

Lebih lanjut guna untuk menghadapi potensi lonjakan pemudik di tahun ini, PT. AP I LIA telah mulai mengoperasikan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 1444 H/2023, selama 19 hari. Dari Jumat 14 April kemarin hingga 2 Mei mendatang. Sebagai pusat pemantauan dan pengendalian untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan bagi para pengguna jasa bandara selama mudik lebaram tahun ini. Dengan dukungan 186 pertugas gabungan dari pengamanan bandara, TNI/Polri, bea cukai, imigrasi hingga Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Mataram. (kir)