Jaga Kualitas Aspal Sirkuit Mandalika, MGPA Perbanyak ’’Track Day’’ Gandeng Komunitas Otomotif

0

Praya (Suara NTB)Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) akan memperbanyak kegiatan-kegiatan uji coba lintasan sirkuit internasional Mandalika dalam beberapa bulan kedepan. Melalui kegiatan track day dengan menggandeng berbagai komunitas maupun organisasi pecinta otomotif yang ada di daerah ini, maupun di tingkat nasional. Langkah itu sebagai salah satu upaya untuk menjaga kualitas aspal sirkuit Mandalika jelang perhelatan event MotoGP bulan Oktober mendatang.

“Dalam beberapa bulan ke depan ini, kami berharap bisa semakin memperbanyak mengelar track day bekerjasama dengan komunitas maupun organisasi pecinta otomotif yang ada. Dengan begitu kualitas lintasan sirkuit akan semakin baik. Dan hal ini akan menjadi persiapan yang baik dalam menyambut penyelenggaraan MotoGP Oktober mendatang,” ungkap Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, dalam keterangan, Selasa, 11 April 2023.

Sebelumnya, sirkuit Mandalika sukses menyelenggarakan event World Superbike (WSBK) awal Maret kemarin. Agar kondisi aspal sirkuit tetap terjaga, maka harus sering dilalui atau digunakan. Karena selain untuk memperkuat alur lintasan yang ada sekaligus untuk menjaga kebersihan lintasan itu sendiri. Supaya pada saat event sesungguhnya, aspal sirkuit sudah siap digunakan.

Pada akhir pekan kemarin, MGPA bersama dengan komunitas supercar menggelar private track day. Di mana ada sekitar 15 supercar dan luxury sportcars berbagai merk mencoba menjajal lintasan sirkuit mandalika. Diantaranya Lamborghini, Ferrari, Porsche, BMW, BAC Mono Open Wheel dan supercar jenis lainya.

Private Track Day tersebut diikuti oleh mobil-mobil dengan spesifikasi kecepatan yang bisa mencapai 360 km/jam,” terangnya. Dan, secara umum kegiatan berlangsung aman serta lancer tanpa ada insiden. Peserta sendiri mengaku puas dengan kondisi dan kualitas aspal sirkuit Mandalika. Karena bisa memacu kendaraannya hingga kecepatan maksimum.

Selama kegiatan berlangsung, masing-masing kendaraan dilengkapi dengan timing system serta alat transponder. Sehingga bisa mengetahui kecepatan setiap kendaraan saat melahap lintasan sirkuit Mandalika. Tentunya juga dibawah pengawasan race advisor yang handal pula.

Bagi para pembalap, event tersebut menjadi pengalaman yang berharga. Karena bisa merasakan balapan di sirkuit kelas internasional. Yang mungkin belum dirasakan sebelumnya. “Bagi kami, event ini juga sangat penting. Untuk bisa mengetahui kondisi lintasan sirkuit Mandalika,” tandas Priandhi. (kir)