Pesona Khazanah Ramadhan Dimulai Hari Ini

0

Mataram (Suara NTB) – Persiapan pelaksanaan PesonaKhazanah Ramadhan 1444 Hijriah di Kompleks IslamicCenter terus dimatangkan. Dinas Pariwisata (Dispar) NTB sebagai leading sector pelaksanaan Pesona Khazanah Ramadhan bersama stakeholderdi lapangan sudah selesai membuat stan atau tenda bagi peserta, baik dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan juga dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Dispar NTB Jamaluddin Malady, S.Sos., M.T., yang dikonfirmasi di Islamic Center, Jumat, 24 Maret 2023 menegaskan kesiapan pihaknya dalam menggelar Pesona Khazanah Ramadhan tahun 2023 ini.

“Kita siap. Tenda atau stan sudah jadi, tinggal loading barang saja ke lokasi. Insya Allah, besok sore (hari ini, red) sudah dimulai Pesona Khazanah Ramadhan,” ujarnya didampingi Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Drs. Endah Setyorini.

Menurutnya, pelaksanaan Pesona Khazanah Ramadhanakan digelar sampai tanggal 16 April 2023. Namun, pembukaan Pesona Khazanah Ramadhan ini dijadwalkan akan dilakukan pimpinan daerah tanggal 2 April 2023. Meski demikian, kami siap memberikan pelayanan kepada para pengunjung atau masyarakat di Islamic Center ini.

Pada Pesona Khazanah Ramadhan ini, ujarnya, UMKM yang diberikan kesempatan menjajakan produknya tidak harus menjual produk khas NTB, seperti kuliner dan lainnya. Namun, masyarakat bisa mendapatkan berbagai jenis kuliner dari seluruh Indonesia.  “Jadi nanti di sini, pengunjung bisa mendapatkan kuliner khas Jawa, Padang dan lainnya,” ujarnya.

Sementara mengenai jenis kegiatan yang akan digelar, selain ada lomba tilawah, lomba tadarusan, juga ada lomba fashionshow yang melibatkan pimpinan OPD, termasuk pimpinan daerah. Menurutnya, para peserta fashionshow tersebut akan menampilkan kemampuan terbaiknya dengan menggunakan produk yang dibeli di stan UKM. “Nanti juga akan kami sediakan, pakaian tenun yang terjangkau dan kualitasnya bagus,” ujarnya.

Mantan Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial dan Kemasyarakatan ini mengharapkan dengan pagelaran Pesona Khazanah Ramadhan ini akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB, khususnya ke kawasan Islamic Center.

Sebelumnya Kepala Museum Negeri NTB Ahmad Nuralam menegaskan kesiapan pihaknya mengikuti Pesona Khazanah Ramadhan. Pihaknya akan menampilkan berbagai macam koleksi yang dimiliki Museum Negeri NTB, terutama terkait jejak penyebaran Islam di NTB.

Pihaknya mengharapkan dengan dipamerkan berbagai macam koleksi ini, masyarakat atau wisatawan mengetahui seperti apa perkembangan Islam di NTB dan sejarahnya. (ham)