Puasa Ramadhan, Bupati: Momentum Mengubah Tabiat

0

Selong (Suara NTB) – Bupati Lombok Timur (Lotim) H. M. Sukiman Azmy mengimbau warga Lotim yang Muslim hendaknya menjalankan ibadah puasa dengan baik sesuai perintah Allah SWT dan tuntunan Rasulullah SAW. Pada bulan puasa yang akan dilaksanakan selama sebulan ini hendaknya menjadi momentum perubahan tabiat dari kurang baik menjadi lebih baik lagi.

Hal ini dikatakan H. M. Sukiman saat ditanya wartawan. Dia menjelaskan, tata cara berpuasa sudah ada aturannya. Semua umat Muslim yang beriman, tinggal mengikuti saja tata cara tersebut. Perubahan tabiat yang lebih baik ini menjadi tolak ukur bahwa ibadah puasa diterima Allah SWT.

“Mari kita laksanakan kewajiban dan sunnah ini dengan sebaik-baiknya,. Setiap berniat puasa ramadhan hendaknya memasang niat yang baik. Yakni semata hanya mencari ridho Allah SWT,’’ ujarnya mengingatkan.

Dalam menjalankan ibadah puasa, seluruh anggota tubuh harus puasa. Tidak hanya mulut yang menahan diri dari makan dan minum, tapi anggota tubuh lainnya sepetri mata juga ikut puasa, hidung puasa, telinga puasa, tangan puasa dan kaki juga puasa. Dengan demikian diyakini, ibadah puasa akan berjalan dengan baik.

Ditambah lagi dengan memperbanyak ibadah lainnya guna menyempurnakan nilai pahala dalam puasa. Selain itu, memperbanyak sedekah dan baca kitab suci Al-Qur’an. Tidak lupa, pada malam-malam menjelang berakhirnya bulan Ramadhan melaksanakan ibadah itikaf di masjid. “Itikaf pada malam lailatul qadar, maka sempurnalah ibadah puasa kita,” imbuhnya. (rus)