Pemkab Dompu Cairkan Bonus Atlet Peraih Medali Porprov

0

Dompu (Suara NTB) – Janji Bupati Dompu, H Kader Jaelani untuk mencairkan bonus bagi atlet peraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB ke XI tahun 2023 sebelum puasa ramadhan akhirnya direalisasikan. Bonus sebesar Rp1,877 M untuk atlet peraih 160 medali dicairkan pemerintah daerah (Pemda) Dompu tepat dua hari sebelum pelaksanaan ibadah ramadhan 1444 H / 2023 M.

Ketua Harian KONI Kabupaten Dompu, Drs H. Arifuddin HAG di kantor sekretariat KONI Kabupaten Dompu, Selasa, 21 Maret 2023 mengungkapkan, pencairan bonus bagi atlet dilakukan melalui transfer pada rekening bank NTB Syariah masing – masing atlet Selasa sore. Namun dari 160 medali yang diraih pada Porprov NTB ke XI, baru 155 medali yang dicairkan bonusnya.

“Delapan nama atlet yang belum dicairkan karena terkendala nomor rekening. Tiga orang atlet, namanya tidak sesuai dengan nomor rekening yang disetorkan, 2 orang belum punya nomor rekening, satu orang tidak terbaca nomor rekeningnya, dan dua orang nomor rekeningnya sudah tidak aktif,” ungkap H. Arifuddin.

Kendati belum dicairkan, H. Arifuddin memastikan, atlet peraih 8 medali yang belum dicairkan pada Selasa ini akan menyusul proses pencairannya akan dilakukan setelah nomor rekening atletnya diserahkan dan diperbaiki sesuai nama atlet peraih medali. “Kalau hari Jumat (24/3/2023) saat jam kantor nomor rekeningnya sudah diserahkan, kita akan langsung uruskan ke Dinas Dikpora untuk diproses pencairannya melalui bank,” katanya.

Besar bonus yang diterima atlet peraih medali emas perorangan Rp15 juta, peraih perak Rp10 juta, dan Rp7,5 juta peraih medali perunggu. Untuk peraih medali beregu 2 – 4 orang sebesar Rp20 juta peraih medali emas, Rp15 juta peraih perak, dan Rp10 juta peraih medali perunggu. Sementara untuk peraih medali beregu lebih dari 4 orang sebesar Rp25 juta medali emas, Rp20 juta medali perak, dan Rp15 juta medali perunggu.

Sementara bonus bagi pelatih peraih medali seperti yang dijanjikan Bupati, H. Arifuddin mengatakan, juga akan segera dicairkan. Belum dicairkannya bonus bagi pelatih pada saat pencairan bonus bagi atlet peraih medali karena masih adanya beberapa cabor yang belum sepaham di internalnya. “Kita masih tunggu cabor menyelesaikan urusan internalnya. KONI tidak ikut terlibat,” jelasnya.

Bonus bagi pelatih ini sebesar Rp15 juta bagi cabor yang meraih 1 sampai 2 medali emas. Sebesar Rp20 juta bagi pelatih yang atletnya meraih lebih dari 2 medali emas, dan Rp12,5 juta bagi pelatih yang meraih medali perak atau perunggu.

Pada Porprov NTB ke XI tahun 2023 di Kota Mataram, 18 – 26 Februari 2023 lalu, kontingen Kabupaten Dompu berhasil meraih 161 medali. Terdiri dari 42 medali emas, 54 perak, dan 65 perunggu. Raihan medali ini menempatkan Kabupaten Dompu pada peringkat kedua perolehan medali di Porprov NTB ke XI tahun 2023.

Drs H. Arifuddin pun menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu yang telah menunaikan janjinya kepada para atlet peraih medali. Bonus inipun diharapkan menjadi motivasi bagi atlet untuk terus meningkatkan prestasinya di masa mendatang dan mengharumkan nama daerah Kabupaten Dompu.

Terlebih beberapa atlet ini akan kembali berjuang mewakili Provinsi NTB menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh – Sumatra tahun 2024 yang diawali dengan pra PON oleh masing – masing cabang olahraga (Cabor). “Kami meminta kepada para atlet untuk tetap berlatih secara sungguh – sungguh dan totalitas sehingga bisa mencapai prestasi yang maksimal,” harapnya. (ula)