Penerbangan dari Bandara Lombok ke Bali Ditutup selama Nyepi 2023, Penerbangan ke Daerah Lain Tetap Dilayani

Mataram (Suara NTB) – Angkasa Pura I Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok tetap beroperasi seperti biasa saat Hari Raya Nyepi pada 22-23 Maret 2023 ini.

“Bandara Lombok dan lainnya tetap beroperasi,” kata Stakeholder Relations Manager Bandara Lombok Arif Haryanto, Selasa, 21 Maret 2023.

Ia mengatakan, dalam rangka Hari Raya Nyepi, hanya Bandara Ngurah Rai Bali yang tidak melayani operasional penerbangan mulai 22 Maret pukul 06.00 Wita sampai 23 Maret pukul 06.00 Wita.

Dengan adanya penutupan Bandara Bali tersebut, kata dia, rute penerbangan dari Lombok-Bali dan sebaliknya selama Hari Raya Nyepi ditutup. Sesuai dengan jadwal, ada enam penerbangan rute Lombok ke Bali dengan menggunakan lima pesawat maskapai Wings Air dan satu maskapai Citilink.

“Sepekan terakhir rata-rata ada 7.000 penumpang per hari tiba dan berangkat di Bandara Lombok menjelang Ramadhan 1444 Hijriah,” kata Arif.

Ia menambahkan, dengan adanya penutupan sementara Bandara Ngurah Rai Bali terjadi kenaikan lonjakan penumpang di BIZAM. Kenaikannya mencapai 15 persen jika dibandingkan rata-rata penumpang sebelumnya yang ada diangka 6.100 penumpang per hari.

“Naik 15 persen dari rata-rata penumpang sebelumnya,” tandas dia.

Sebelumnya, angka pergerakan penumpang di BIZAM mengalami peningkatan sebesar 15,4 persen selama ajang balap motor World Superbike (WSBK) 2023 yang digelar di Sirkuit Internasional Mandalika pada tanggal 3-5 Maret 2023 lalu.

“Jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok selama pekan penyelenggaraan WSBK pada 1-6 Maret 2023 tercatat berjumlah 39.450 penumpang atau rata-rata 6.575 penumpang per hari,” tambah General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan.

Angka ini meningkat 15,4 persen jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada Februari 2023 yang rata-rata 5.700 penumpang per hari. Sementara, jika dibandingkan dengan WSBK 2022 tercatat rata-rata 6.120 penumpang per hari atau terjadi peningkatan pergerakan penumpang sebesar delapan persen.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat, terdapat peningkatan sebesar 6,5 persen pada periode WSBK 2023. Pada 1-6 Maret 2023 lalu, tercatat ada 395 pergerakan pesawat atau rata-rata 66 pergerakan pesawat per hari. Sementara pada bulan Februari 2023 rata-rata hanya ada 62 pergerakan pesawat per hari. (bul)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Gubernur NTB: NTB Siap Berbagi Strategi Ekonomi

0
Mataram (Suara NTB) - Industrialisasi terbukti memulihkan dan membangun ekonomi Nusa Tenggara Barat usai bencana gempa 2018. Lantas, pasca-relaksasi ekonomi selepas pandemi, strategi menggelar...

Latest Posts

Gubernur NTB: NTB Siap Berbagi Strategi Ekonomi

Mataram (Suara NTB) - Industrialisasi terbukti memulihkan dan membangun...

Bunda Niken: Kader PKK Adalah Orang-Orang Hebat

Mataram (Suara NTB) - Ketua Tim Penggerak PKK NTB,...

Lewat BRImo Future Garuda, BRI Dorong Talenta Muda Timba Ilmu Dari Empat Legenda Sepak Bola Dunia

Jakarta (suarantb.com) - Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 di kancah...

NTB Kembangkan Industrialisasi Minyak Kayu Putih di Areal Perhutanan Sosial

Mataram (Suara NTB) - Lahan kering dan curah hujan...

Politik Identitas Dan Ancaman Demokrasi Menjelang Kontestasi Pemilu 2024

Oleh: Jhoni Sutangga, S.Fil.I., M. Sos. (Jurnalis Radar Mandalika,...