Undikma Gelar Wisuda Ke-5, Luluskan 268 Orang

0

Mataram (Suara NTB) –  Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) menggelar kegiatan Wisuda Ke-5 di Hotel Aruna Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, pada Sabtu, 18 Maret 2023. Sebanyak 268 orang diwisuda pada kegiatan ini.

Ketua Panitia Wisuda Undikma, Ni Ketut Alit Suarti menyampaikan, mahasiswa yang diwisuda berjumlah 268 orang dengan rincian dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIPP) sebanyak 52 orang, Fakultas Sains Teknik dan Terapan (FSTT) 38 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) 93 orang, Fakultas Budaya Manajemen dan Bisnis (FBMB) 53 orang, dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) 32 orang. Berdasarkan predikat kelulusan 10 Memuaskan, 165 Sangat Memuaskan dan Dengan Pujian (Cumlaude) 93 oran. IPK Tertinggi diraih oleh Syarifah Hairunnisa Irtawanti MC dari Porgram Studi Teknologi Pendidikan, Predikat Kelulusan Dengan Pujian.

Lebih lanjut, Alit mengungkapkan bahwa Wisuda Ke-5 Universitas Pendidikan Mandalika dihadiri oleh staf ahli Gubernur NTB Bidang Sosial Kemasyarakatan Madani Mukarom, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Denpasar, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, Pembina Yayasan Drs. H. Lalu Azhar, Ketua Yayasan Pembina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram H. Lalu Rusmiady, Rektor Undikma Prof. Kusno, DEA., Ph.D., beserta seluruh Pimpinan Undikma, mitra Undikma, wisudawan/wisudawati beserta keluarga.

Sementara itu, Rektor Undikma, Prof. Kusno, DEA.,Ph.D., dalam pidato Wisuda menyampaikan bahwa Undikma telah  memantapkan diri sebagai Perguruan Tinggi terkemuka di wilayah Indonesia Bagian Timur khususnya di NTB dengan Moto Utama dalam Kualitas dan Kepuasan Pelanggan.

“Ini dibuktikan dengan berbagai prestasi dan penghargaan di tingkat nasional bahkan internasional. Undikma juga secara berturut-turut mempertahankan peringkat Akreditasi B dari BAN-PT yang berarti telah memposisikan diri sebagai perguruan swasta setara dengan Perguruan Tinggi Negeri di wilayah NTB, begitu pun semua program studi telah terakreditasi B, Baik Sekali, dan Baik dari BAN-PT dan LAM-PT,” jelas Prof Kusno.

Undikma memiliki SDM dalam jumlah dan kualitas yang memadai, terdapat 20% dari 300 Dosen Tetap Yayasan dan DPK telah berkualifikasi S3 dan selebihnya berkualifikasi S2 dari dalam dan luar negeri, didukung juga tenaga Pendidikan sekitar 100 sebagai karyawan, laboran, pustakawan.

Undikma menjadi pilihan utama masayarakat dalam memilih perguruan tinggi, saat ini Undikma tercatat memiliki sekitar 7.162 mahasiswa yang secara terus menerus mengalami peningkatan dari dari tahun ke tahun karena kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi kepada Undikma.

Dalam Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, Pemerintah melalui Kemendikbudristek telah menetapkan klaster perguruan tinggi berdasarkan kinerja bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yaitu klaster Mandiri, Utama, Madya, Pratama dan Binaan. Di tahun 2023 ini, Undikma menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di NTB yang berhasil menempati klaster tersebut.

Untuk Beasiswa, Undikma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang terus dipercaya untuk menerima berbagai macam beasiswa dari berbagai pihak. Bidikmisi dan KIP Kuliah On Going Semester Genap TA 2021/2022 yaitu 191 mahasiswa (Bidikmisi) dan 426 mahasiswa (KIP Kuliah). Selanjutnya Beasiswa Bank Indonesia untuk tahun 2021–2022 sebanyak 100 mahasiswa. Selain kedua beasiswa tersebut, terdapat ratusan beasiswa prestasi yang telah diberikan oleh Yayasan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi nasional dan internasional.

Dari sisi kerja sama, dari tahun 2019 sampai saat ini, Undikma telah memiliki kerja sama dalam dan luar negeri sebanyak 112 dalam bentuk MoU dan MoA dengan berbagai pihak seperti instansi pemerintah, lembaga pendidikan, dunia usaha dan industri, kelompok wisata dan  komunitas seni budaya. Semua kerja sama telah dilaporkan melalui website laporankerma.kemendikbud.go.id, sehingga tercatat secara elektornik dan dapat diakses oleh siapapun yang berkepentingan.

Prof Kusno juga menyebutkan berbagai pencapaian/prestasi, antara lain sebanyak satu dosen pendamping dan 16 mahasiswa Undikma dari program studi Bimbingan Konseling, Teknologi Penidikan, Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika serta Pendidikan Olahraga dan Kesehatan  terpilih untuk mengikuti program Kampus Mengajar Kemendkbudristek tahun 2023 yang tersebar pada beberapa instansi atau lembaga pendidikan di NTB.

Selain itu, dosen Undikma atas nama Dr. Ahmad Sukri, M.Pd., terpilih sebagai Reviewer Batch 2 Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN Tahun 2022-2023. Mahassiwa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBMB Undikma berhasil sebagai Juara 1 Go Bate 3.0 antar perguruan tinggi s-NTB Tahun 2023. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBMB UNDIKMA atas nama Noviana Nursyahbandi terpilih sebagai Puteri Pendidikan NTB Tahun 2023.

Dalam bidang olahraga, mahasiswa Undikma menorehkan banyak prestasi seperti Juara 1 Turnamen Sepakbola antar Klub Se-Pulau Lombok. Terdapat ratusan mahasiswa yang ikut pada PORPROV NTB KeXI Tahun 2023. Dari jumlah tersebut Ada lebih dari 90 mahasiswa yang berhasil meraih medali untuk kabupaten/kota masing-masing.

Pada pesta Bau Nyale di wilayah Lombok Tengah 2023, Teater Undikma diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk tampil menghibur masyarakat.

Selain paparan umum dan pencapaian yang telah diraih Undikma, Rektor juga memberikan spirit  dan uraian prospek lulusan Undikma kepada wisudawan/wisudawati sebagai bekal mereka dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Rektor berpesan bahwa Sukses adalah bagian dari proses kehidupan, gagal dan gagl lagi itu biasa, bangkit dan bangkit lagi itu luar biasa, ungkap Rektor penuh semangat.

“Kualitas Alumni Undikma sangat linear dengan ketersediaan lapangan kerja dan perkembangan NTB. Alumni Undikma dapat bekerja pada berbagai bidang seperti pendidikan, industry pariwisata, sport industri, usaha ekonomi kreatif, perbankan, pertambangan dan sector usaha lainya. Rahasia untuk maju adalah berani memulai dan mengubah diri. Kita tidak bisa kembali dan mengubah awal, tetapi dapat memulai lagi dan mengubah akhirnya,” ungkap Rektor sebagai penutup pidato wisuda.

Di penghujung acara wisuda, Ketua Yayasan dan Rektor Undikma menyerahkan piagam dan bonus kepada wisudawan dan mahasiswa aktif yang berprestasi lokal, nasional dan internasional yaitu Tim Sepakbola Undikma, Iswandi (atletik), Dedi Iswari (Tarung Drajat), Oka Putra (Futsal), Noviana Nursyahbandi (Putri Pendidikan NTB 023), dan lainnya. (ron)