Sukses Tangani Covid-19, RSUD NTB Raih Dua Penghargaan Bergengsi dari Pemerintah Pusat

0

Mataram (Suara NTB) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB meraih dua penghargaan dari  pemerintah pusat dalam agenda PPKM Award 2023 yang berlangsung di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Senin, 20 Maret 2023.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Presiden Ir.H.Joko Widodo, Menteri Kesehatan, Menteri Keuangan, Kapolri, Menko Marvest dan sejumlah pejabat Kementerian dan Lembaga yang mendampingi Presiden.

Dua penghargaan yang diraih RSUD Provinsi NTB yaitu penghargaan sebagai Rumah Sakit Tipe B dengan Performa Tata Kelola Covid-19 terbaik di Regional Nusa Tenggara – Maluku – Papua. Kemudian yang kedua RSUD Provinsi NTB sebagai Kategori Laboratorium dengan Performa Pemeriksaan Covid-19 Terbaik.

Direktur RSUD NTB bersama Sekda NTB Drs H. Lalu Gita Ariadi, M.Si usai menerima penghargaan PPKM Award. (Suara NTB/ist)

Selain RSUD Provinsi NTB, Pemprov NTB juga mendapatkan reward Terbaik III dalam Pengendalian Pandemi Covid-19 yang langsung diterima oleh Sekda NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si. Sementara penghargaan yang diraih RSUD Provinsi NTB diterima langsung oleh Direktur RSUD NTB dr. H.Lalu Herman Mahaputra, M. Kes, MH.

Direktur RSUD NTB dr. H.Lalu Herman Mahaputra, M. Kes, MH mengatakan, dalam kegiatan ini, pemerintah pusat memberikan penghargaan dalam beberapa ketegori seperti Rumah Sakit Umum Pusat, RSUD, Puskesmas, Rumah Sakit Swasta, Laboratorium dan Klinik.

‘’Alhamdulillah kita RSUD Provinsi satu-satunya Rumah Sakit yang dobel dapatnya. Di samping penghargaan pelayanan untuk Covid-19, performa untuk layanan laboratorium juga dapat. Jadi dapat dua penghargaan, yaitu rumah sakit dan laboratorium,” kata H.Lalu Herman Mahaputra atau dr. Jack kepada Suara NTB, Senin (20/3) kemarin usai memperoleh penghargaan tersebut.

Ia mengatakan, penghargaan ini sebagai pengakuan pemerintah pusat bahwa Pemprov NTB dan RSUD Provinsi NTB telah berjuang melawan Covid-19 sejak kemunculannya di NTB tahun 2020 lalu. Saat ini, Covid-19 sedang dalam proses transisi dari pandemi ke endemi, sehingga semua pihak harus tetap menaati kebijakan pemerintah dalam rangka menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

dr. Jack mengatakan, segala pengalaman di dalam pengendalian dan pencegahan Covid-19 di tahun-tahun sebelumnya akan menjadi pelajaran berharga. Sebab seluruh dunia sebelumnya belum pernah tahu bagaimana menangani pandemi ini.

“Terkait dengan pola hidup bersih ini harus tetap kita jalankan, walaupun memang tidak di dalam kondisi pandemi. Banyak hal yang kita pelajari kemarin. Juga kekompakan kita dengan seluruh stakeholder terkait,” katanya.

Pesan pemerintah pusat di dalam kegiatan PPKM Award 2023 ini yaitu setiap Rumah Sakit Pusat, RSUD, RS Swasta, Puskesmas, Laboratorium, dan Klinik agar tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengajak para penerima PPKM Award untuk terus berkontribusi membangun negeri. “Kepada Bapak Ibu yang menerima PPKM Award, saya menyampaikan selamat. Marilah pengabdian ini terus kita lanjutkan untuk memecahkan berbagai masalah-masalah kemanusiaan dan kebangsaan, dan membangun Indonesia menjadi negara maju,” kata Presiden.

Berkat kekuatan seluruh komponen bangsa yang bersinergi, Indonesia dianggap termasuk yang berhasil menangani isu global di bidang kesehatan ini. Presiden menyampaikan bahwa WHO mengatakan bahwa penanganan Covid-19 di Indonesia termasuk yang terbaik dan cakupan vaksinasinya juga masuk yang terbaik. Selain itu, Johns Hopkins University juga menyampaikan Indonesia sebagai one of the best in the world dalam menurunkan kasus Covid-19.

“Bukan kita yang ngomong, mereka yang berbicara. Karena jelas kita berhasil menekan angka penularan, kita berhasil juga menekan angka kematian, dan kita juga berhasil menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi,” pungkas Presiden. (ris)