Pemprov NTB Dukung Sukseskan Pelaksanaan Pemilu 2024, Damai dan Berintegritas

0

Mataram (Suara NTB) – Bakesbangpoldagri Provinsi NTB bersama KPU dan Bawaslu terus turun memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada perhelatan pemilu 2024 dan juga pilkada serentak 2024 mendatang.

Anggota Bawaslu NTB, Yuyun Nurul Azmy yang menjadi narasumber dalam Sosialisasi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 yang digelar oleh Bakesbangpoldagri NTB dengan tajuk Membangun Partisipasi Masyarakat dalam Mensukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 yang Damai, Santun dan Berintegritas.

Yuyun menyampaikan beberapa hal mengenai Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 serta peran dan tugas Bawaslu dalam mengawasi Pemilu. Pada kesempatan itu Yuyun juga menyampaikan beberapa kerawanan yang dapat muncul dalam pelaksanaan Pemilu, seperti politik uang, politisasi SARA, disinformasi, terabaikannya hak pilih warga, hingga kampanye yang tidak sesuai aturan.

“Banyak tantangan dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024 ini, kita juga harus waspada terhadap bentuk-bentuk kecurangan dalam Pemilu seperti politik uang dan perbuatan lain yang dapat merugikan orang lain,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris KPU Provinsi NTB, Asep Suhlan menyampaikan pentingnya partisipasi kolaboratif ke seluruh elemen masyarakat untuk suksesnya pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak 2024. Karena kesuksesan pemilu tidak bisa diciptakan hanya oleh penyelenggara pemilu sendiri. “Partisipasi pemilih dalam Pemilu dan Pemilihan Kepala daerah serentak 2024 ini merupakan tanggung jawab bersama antara Penyelenggara Pemilu, Pemerintah, Partai Politik dan segenap warga negara,” kata Asep.

Tapi semua elemen masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh Pemuda, Pemerintah daerah, Organisasi Wanita dan Pelajar sebagai Pemilih Pemula harus ikut berpartisipasi. “Bahwa partisipasi tidak bisa dibebani kepada salah satu pihak, tapi semua harus bersatu-padu melakukan strategi sesuai kapasitas masing-masing,’’ tegasnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpoldagri Provinsi NTB, Lalu Abdul Wahid, mengatakan bahwa pemerintah daerah berkepentingan dengan terciptanya situasi keamanan dalam proses penyelenggaraan pemilu dan pilkada 2024 nanti. Oleh sebab itu ditegaskan bahwa Pemprov NTB juga akan terus memberikan dukungan kepada penyelenggara pemilu untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak 2024. (ndi)