LPPM Unram Partisipasi dalam Expo Pendidikan PT, Pamerkan Produk Hasil Riset Dosen dan Mahasiswa Unram

0

Mataram (Suara NTB) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) turut berpartisipasi dalam Expo Pendidikan Perguruan Tinggi yang dilaksanakan di Lapangan Bumi Gora, Kantor Gubernur NTB, Senin, 20 Maret 2023.

Sekretaris Panitia, Dr. Didy Ika Suprayadi menyebutkan jika hadirnya stan LPPM Unram dalam expo pendidikan tersebut menjadi ajang promosi bagi Unram untuk memasarkan produk-produk hasil riset inovasi dari dosen maupun mahasiswa Unram.

Stan LPPM Unram dalam Expo Pendidikan Perguruan Tinggi yang dilaksanakan di Lapangan Bumi Gora, Kantor Gubernur NTB, Senin, 20 Maret 2023. (Suara NTB/ist)

“Semua produk ini sebagian besar merupakan hasil binaan Kubinov LPPM Unram. Jadi melalui expo ini harapannya hasil inovasi dosen dan mahasiswa yang ada di Unram bisa dikenal lebih luas dan diterima masyarakat secara khusus di NTB,” tutur Didy.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua LPPM Unram, Dr. Ir. Sukartono, M.Agr., menjelaskan jika acara tersebut ingin menunjukkan capaian dosen-dosen Unram terkait kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, bahwa dosen Unram juga terus berkiprah untuk negeri.

“Harapannya adalah para pengunjung expo terutama anak-anak SMA dan umum bisa tahu tentang perkembangan yang ada di Unram khususnya perkembangan kegiatan-kegiatan inovatif Unram. Yang tentunya di bidang penelitian inovasi, kegiatan-kegiatan pengabdian, dan kerjasama lainnya yang bermanfaat untuk masyarakat,” ucap Sukartono.

Ketua LPPM Unram itu juga menyebutkan jika riset-riset yang dikembangkan Unram berbasis pada payung penelitian Unram, yaitu pengelolaan kawasan pulau-pulau kecil yang berorientasi pada klaster ketahanan pangan, kesehatan, energi sesuai dengan rencana induk penelitian Unram.

“Nantinya hasil penelitian-penelitian ini bisa menambah capaian IKU (Indikator Kinerja Utama) Unram dan juga menambah kontribusi Unram untuk menuju ke PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum),” lanjutnya.

Ketua LPPM Unram berkomitmen dalam mendorong upaya penelitian-penelitian yang dilakukan Unram agar terhilirisasi menjadi inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Ia juga menyampaikan jika penelitian tersebut tidak hanya dilakukan oleh dosen, namun tetap melibatkan mahasiswa Unram di dalamnya.

Adapun beberapa produk yang hasil riset yang dipamerkan dalam expo pendidikan tersebut diantaranya, Pupuk ORIN, Gemuk CONPLAS, DM PHAS, Mahabbats, Senaken, Laminex, Beras Hitam, Minyak Sereh Entram, Minyak Lemongras, Minyak Patchouli, Minyak Clove Esens, Minyak Orange Esens, Eucaliptus Esens, Papermint Esensial, Muktesa Ecoprint, Jam Kain Tenun, Benih Padi, Beras Sehat Analog, Protam, Bataco Ecobrik, Briket, Pakan Suplemen Tempani, Permen Super, Meja Inovasi Botol Bekas, Anyaman Vas, Anyaman Keraro, Bunga Hias, dan Entram. (ron)