Dikes Siapkan Tim Nakes, Belasan Ibu Sedang Hamil di Daerah Terisolir

0

Giri Menang (Suara NTB) – Dinas Kesehatan Lombok Barat (Lobar) menyiapkan tim khusus tenaga kesehatan (Nakes) mobile untuk menangani pelayanan kesehatan bagi masyarakat terisolasi di Dusun Meang, Desa Persiapan Pengantap, kecamatan Sekotong. Tim Nakes ini nantinya secara mobile melakukan pelayanan, termasuk bagi belasan ibu hamil yang akan melahirkan di daerah itu.

Sekretaris Dinas Kesehatan Lobar, Zulkifli mengatakan pihaknya akan membentuk tim Nakes mobile yang bisa siaga untuk melayani warga Dusun Meang. “Kita akan bentuk tim nakes mobile, itu terdiri dari dokter, perawat, bidan, yang akan turun pelayanan di sana (Meang, red) bila perlu Mereka akan nginap di sana,” kata mantan Kabid SDK ini, Senin, 20 Maret 2023. Pembentukan tim ini baru rencana, sebab perlu anggaran juga.

Lebih lanjut dikatakan, penanganan bagi warga di sana saat ini pihaknya menurunkan tim kesehatan dari Puskesmas setempat untuk pelayanan berkala. Pelayanan bersalin diarahkan ke klinik. Sembari menunggu perbaikan Poskesdes yang kondisinya tak layak. Namun secara regulasi, poskesdes itu bukan dibangun Dikes, akan tetapi itu dibangun oleh desa.

Kedepan ada solusi untuk meningkatkan poskesdes menjadi Pustu, dengan cara lahan dan poskesdes diserahkan ke Pemda.  ‘’Solusinya bisa seperti itu, serahkan ke Pemda untuk kita usulan tingkatkan jadi Pustu,” ujarnya.

Ketua Komisi IV DPRD Lobar, Lalu Irwan mengatakan pihaknya telah meminta Dikes untuk melakukan penanganan di wilayah Meang, pasca kejadian ibu melahirkan di jalanan di daerah itu. Meskipun kata dia, itu bukan warga Lobar. Lebih-lebih tim dari Dikes provinsi dan kabupaten sudah turun ke lokasi. Sehingga mereka pasti tahu persis seperti apa kondisi di daerah itu.

Baik kondisi topografi yang sangat menyulitkan warga, sehingga menyulitkan warga ketika mau berobat dan melahirkan.”Harapan saya ada tindaklanjut Dikes, minimal membuat fasilitas kesehatan. Tapi ada solusi lain, dibentuk tim nakes mobile,” ujarnya. Yang jelas ia mendorong untuk penanganan serius di daerah itu. (her)