“Touring to Sekotong” HUT Lobar ke-65, 1.000 Bikers Bakal Eksplore Kawasan Wisata Selatan

0

Giri Menang (Suara NTB) – Sekitar 1.000 peserta Bikers bakal menjajal kawasan selatan Lombok Barat. Mereka akan menjelajahi kawasan Sekotong dalam even “Touring To Sekotong”, Sabtu, 18 Maret 2023. Even dalam rangka memperingati HUT Lobar ke-65 ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga yang (Dispora) diikuti juga oleh Bupati Lobar H Fauzan Khalid.

Kepala Dispora Lobar, H. Arbain Ishak mengatakan pihaknya sudah melakukan beberapa kali rapat membahas persiapan Touring To Sekotong dengan berbagai OPD dan pihak terkait. Terakhir dilakukan rapat teknis Internal tim Dispora untuk memastikan kegiatan itu berjalan dengan baik.

“Dan persiapan sudah clear, apa-apa yang harus disiapkan, dan secara teknis Touring To Sekotong sudah siap kami gelar,”kata dia, kemarin.

Kegiatan ini sebenarnya diadakan pekan lalu, namun akibat suatu dan lain hal pelaksanaannya ditunda seminggu. Kemudian pihaknya bergerak lagi untuk mematangkan persiapan yang sudah disiapkan. Baik dari segi kesiapan jalur yang dilalui, pihaknya berkoordinasi dengan Dishub, satpol PP, Polres Lobar.

Selain itu, menyangkut kelengkapan lain termasuk dengan tim medis yang akan melakukan penanganan di lapangan. Pihaknya juga menyiapkan tim sapu bersih, untuk menangani ketika ada peserta yang kendaraannya terganggu di perjalanan.

Untuk jalur pelepasan, peserta akan dilepas di Bencingah oleh Bupati Lobar. Rutenya dari kantor Bupati menuju Lembar, kemudian ke Sekotong.Selanjutnya, menuju jalur Buwun Mas, setiba di simpang tiga Dusun Sepi, peserta belok kanan menuju tugu persahabatan. Kemudian lanjut ke rest area.

“Kami sudah siapkan di lokasi rest area ini, disini nanti istirahat,” ujarnya.

Berlanjut ke jalur Mekaki Pelangan. Para Bikers akan kembali finish ke Bencingah melalui jalur Pelangan – Sekotong Barat kemudian kembali ke kantor bupati.

“Panjang rutenya 50 kilometer, dan pesertanya ditarget 1.000 Bikers,” ujarnya.

Sejauh ini sudah banyak club motor memastikan diri ikut. Termasuk Pemda sudah menyiapkan masing-masing OPD minimal 10 peserta, kecamatan, puskesmas dan kemudian kelurahan serta SMA di Lobar. “Insyallah kalau melihat antusiasme peserta itu bisa mencapai 1.000,” ujarnya. Kegiatan ini lanjut dia digelar pihaknya dalam rangka HUT Lobar ke 65.

“Kita juga eksplorasi kawasan Selatan (Sekotong), karena kita ada sesi di rest area untuk foto-foto,” ujarnya.

Meksipun anggaran minim, namun dirinya memastikan touring to Sekotong ini bakal berjalan sukses. Bahkan untuk peserta telah disiapkan doorprize. (Her)