Pengumuman Kelulusan SMA Ditetapkan 5 Mei

0
H. Aidy Furqan (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) –  Jadwal kelulusan sekolah jenjang SMA, SMA Luar Biasa (SMALB), dan SMK telah ditetapkan pada 5 Mei 2023. Hal itu sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan kalender pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB.

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., pada Jumat, 17 Maret 2023 mengatakan, kelulusan SMA, SMALB, SMK, Program Paket C atau bentuk lain yang sederajat ditetapkan tanggal 5 Mei 2023. “Ini sesuai Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 004/H/EP/2023 tentang Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2022/2023 serta mengacu pada Kalender Pendidikan Dinas Dikbud NTB,” ujarnya.

Menurut Aidy jika di tanggal pengumuman kelulusan bertepatan dengan hari libur nasional atau cuti bersama, maka tanggal kelulusan ditetapkan pada tanggal berikutnya yang bukan merupakan hari libur nasional atau cuti bersama.

Sementara untuk kegiatan pelepasan siswa kelas akhir dari satuan pendidikan dilaksanakan paling cepat tanggal 5 Mei 2023.

Pelaksanaan ujian sekolah jenjang SMA sesuai dengan kalender pendidikan Dinas Dikbud NTB yaitu ujian sekolah utama pada 13-21 Maret 2023. Sementara ujian sekolah susulan dijadwalkan pada 3-8 April 2023. Satuan pendidikan menyesuaikan pelaksanaannya sesuai dengan kondisi dan kesiapan serta penjadwalan sudah termasuk untuk kegiatan praktikum. (ron)