Kantor Bahasa NTB Gelar UKBI Adaptif Merdeka di MAN 1 Lotim

0

Mataram (Suara NTB) – Setelah melaksanakan pengujian Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di MAN Insan Cendekia, pengujian UKBI di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) berlanjut ke MAN 1 Lotim.

Dalam kesempatan ini, tim UKBI Kantor Bahasa Provinsi NTB tidak hanya melakukan pengujian UKBI, tetapi juga mendapat kesempatan bertemu dan berbincang-bincang dengan Kepala Kanwil Kemenag NTB, Kepala Bidang, dan Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kanwil Kemenag Provinsi NTB.

Pertemuan ini dijadikan ajang silaturahmi sekaligus membahas pelaksanaan UKBI bagi pemangku kepentingan bidang pendidikan di bawah Kemenag di Provinsi NTB.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Puji Retno Hardiningtyas mengatakan, pada Senin, 13 Maret 2023, sesuai dengan hasil koordinasi bersama kepala SMA, MA, dan SMK di Lombok Timur pada bulan Februari lalu, tim UKBI Kantor Bahasa Provinsi NTB melaksanakan sosialisasi dan pendaftaran UKBI bagi siswa MAN 1 Lotim.

Sosialisasi dihadiri oleh sebanyak 700 siswa kelas X dan XI. Kegiatan ini bersamaan dengan pelaksanaan Asesmen Nasional bagi siswa jenjang kelas XII.  “Meski sebenarnya di hari tersebut siswa kelas X dan XI diarahkan untuk belajar dari rumah, seluruh siswa tetap hadir dan mengikuti sosialisasi dengan antusias dan khusyuk. Sosialisasi yang dilaksanakan dalam 3 sesi tersebut terlaksana dengan lancar hingga 460 siswa berhasil terdaftar dan mengikuti ujian di hari berikutnya,” ujar Puji Retno.

Sebelum sosialisasi dilaksanakan, di ruang kepala sekolah, tim UKBI sempat berbincang-bincang dengan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB yang hadir melakukan monitoring dan evaluasi di MAN 1 Lotim. Dalam perbincangan tersebut, Kanwil Kemenag mengaku senang dengan giat UKBI yang tidak hanya menyasar sekolah-sekolah di bawah Dinas Pendidikan saja, tetapi turut merangkul sekolah di bawah Kemenag.

“Semoga lebih banyak lagi siswa di Provinsi NTB yang dapat melakukan UKBI ini. Tidak hanya di Lombok, tapi juga di Pulau Sumbawa,” tandas H. Zamroni Aziz di sela-sela obrolan terkait UKBI bersama koordinator KKLP UKBI Kantor Bahasa Provinsi NTB.

Kantor Bahasa menyampaikan permohonan dukungan penuh Kanwil Kemenag Provinsi NTB dalam pelaksanaan UKBI yang direncanakan juga akan menyasar sekolah-sekolah di Pulau Sumbawa.

Setelah sosialisasi dan pendaftaran dilakukan, esoknya, Tim UKBI kembali berkunjung ke MAN 1 Lotim untuk melakukan pendampingan pengujian UKBI oleh 460 peserta yang telah terdaftar. Dalam dua sesi pengujian, sebanyak 400 siswa berhasil menyelesaikan soal UKBI. Beberapa siswa telah mencapai predikat Madya dan mengaku senang dapat merasakan pengalaman mengerjakan lebih dari 100 soal kemahiran berbahasa.

“Alhamdulillah siswa tetap antusias meski mereka sedang libur. Semoga siswa-siswa yang belum berhasil melaksanakan tes dapat melakukan ujian susulan secara mandiri dan tiap siswa mendapat sertifikat,” Kepala MAN 1 menyampaikan rasa syukurnya di pertemuan akhir setelah pengujian UKBI usai.

Pengujian UKBI di Kabupaten Lotim akan dilanjutkan hingga tanggal 16 Maret 2023. SMAN 1 Terara dan SMAN 1 Masbagik menjadi sekolah yang akan melaksanakan pengujian selanjutnya. (ron)