PT STM Janjikan Sinkronisasi Program Bersama OPD Teknis

0

Dompu (Suara NTB) – PT Sumbawa Timur Mining (STM) yang melakukan kegiatan eksplorasi mineral d an panas bumi di wilayah Huu Kabupaten Dompu menggelar kegiatan sosialisasi rencana kerja tahun 2023. Kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk pemaparan capaian program yang sudah dilaksanakan selama 2022. Pemerintah daerah (Pemda) Dompu pun mendorong agar PT STM melakukan sinkronisasi atas program pemberdayaannya, sehingga tidak tumpang tindih.

Kegiatan sosialisasi rencana kerja PT STM tahun 2023 tingkat Kabupaten Dompu ini dihadiri langsung Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT bersama jajaran dinas teknis lingkup Pemda Dompu di gedung PKK Kabupaten Dompu, Rabu 15 Maret 2023 kemarin. Dari PT STM hadir Kepala Teknik Tambang (KTT) Mineral, Hendra Sebayang., Kepala Teknik Panas Bumi PT STM, Peto Rashido Mawajaya., dari Govrel PT STM, Yuyud Indrayudi., dan Manajer Hubungan Masyarakat PT STM, Ulya Defretes bersama jajarannya.

Wakil Bupati Dompu bahkan berkesempatan menyampaikan pemaparan peran investasi bagi pembangunan daerah. Selain membuka lapangan kerja dan kesempatan usaha secara langsung, kehadiran PT STM juga akan memberi kemajuan bagi daerah bagi peningkatan ekonomi, pembangunan, SDM dan lainnya. Sehingga tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak mendukungnya dan itu akan terwujud bila adanya sinergi semua pihak, baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat itu sendiri. “Tanpa situasi yang kondusif dan kepastian berusaha, itu semua tidak akan tercapai,” harapnya.

H  Syahrul Parsan juga memberikan apresiasinya atas capaian kegiatan eksplorasi yang sudah dicapai PT STM selama ini. Apresiasi yang sama juga disampaikan kepada PT STM terhadap program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang sudah berjalan selama ini. Namun ia berharap, program ini bisa terus dikembangkan ke wilayah lain dan disinkronkan dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) teknis agar hasil yang dicapai lebih maksimal.

Dari PT Sumbawa Timur Mining, pemaparan dipimpin langsung oleh KTT, Hendra Sebayang dan dibantu 2 orang karyawan PT STM yang merupakan putra Kecamatan Huu. Yaitu Muhammad Kurniadin terkait kegiatan Communiti Developmant (Comdev) dan Community Relations (Comrel) PT STM tahun 2022, serta Arizal Ardiansyah dari departemen Sustainability yang menjelaskan soal penanganan lingkungan oleh PT STM selama kegiatan eksplorasi.

Hendra Sebayang menyampaikan, pada tahun 2023 ini pihaknya masih melanjutkan kegiatan eksplorasi untuk pendalaman hasil temuan selama ini melalui kegiatan pemboran dan analisa – analisa dalam rangka menemukan teknologi yang tepat bagi kegiatan produksi kedepan.

Selain melanjutkan program yang sudah dilakukan tahun sebelumnya, pada 2023 ini PT STM mulai membangun persemaian (nursery) dengan kapasitas 50 ribu bibit di Nangadoro Huu. Selain untuk kepentingan penghijauan daerah kegiatan eksplorasi. “Bibit ini bisa kita sinergikan untuk penghijauan di lingkungan masyarakat,” kata Hendra Sebayang.

Kepala Teknik Panas Bumi PT STM dalam pemaparannya untuk perkembangan kegiatan penugasan eksplorasi panas bumi di Huu Daha, menyampaikan capaian yang cukup menggembirakan. Dimana pihaknya berhasil melakukan pemboran untuk menemukan potensi panas bumi dengan suhu 156 derajat. Suhu ini bisa dilakukan pengambilan untuk energi listrik. Saat ini  pihaknya tengah menyiapkan kegiatan pemboran berikutnya dan menyelesaikan laporan untuk ijin panas buminya. (ula)