Meriahkan HUT ke-65 Lobar, Ribuan Peserta Ramaikan Karnaval Budaya Kecamatan Kuripan

0

Giri Menang (Suara NTB) – Ribuan peserta mengikuti Karnaval Budaya yang digelar di Kecamatan Kuripan, Lombok Barat (Lobar), Sabtu, 11 Maret 2023. Karnaval Budaya tingkat kecamatan dalam rangka memperingati HUT ke-65 Lobar ini digelar atas inisiasi pihak kecamatan berkolaborasi dengan Forkopimcam, Desa se-Kecamatan Kuripan, Polsek, Koramil, dan sekolah serta pihak terkait.

Parade Karnaval yang diikuti sekitar 4-5 ribu peserta dari semua lapisan, baik masyarakat umum, aparatur kecamatan, Pemdes, pelajar SD dan SMP itu dilepas oleh anggota DPRD Lobar Dapil Kuripan Gerung, Munawir Haris bersama Camat Kuripan, Iskandar dan Forkopimcam di lapangan umum Kuripan.

Para peserta yang mengenakan pakaian adat sasak, menempuh jarak sekitar 1 kilometer lebih. Melewati jalan perkampungan warga di daerah itu. Para peserta menampilkan kesenian dan drum band dari masing-masing sekolah menambah semarak karnaval budaya yang tumben dilaksanakan di wilayah itu pada momen peringatan HUT Lobar.

Tampak warga masyarakat pun berjubel di jalanan menyaksikan parade Karnaval tersebut. Akses jalan yang menjadi jalur Parade Karnaval Budaya itu pun ditutup sementara. Aparat dari Polsek Kuripan dipimpin oleh Kapolsek, Iptu Sutrisno terjun melakukan pengamanan jalannya parade karnaval tersebut.

Iring-iringan parade Karnaval Budaya berakhir di kantor camat Kuripan. Di sana dilakukan pembagian aneka hadiah, di antaranya sepeda, alat masak elektronik, sajadah dan lainnya.

Camat Kuripan, Iskandar mengatakan, ada dua kegiatan yang digelar pihaknya dalam rangka memeriahkan HUT ke-65 Lobar, yakni Karnaval Budaya dan jalan sehat.

“Alhamdulillah, antusiasme masyarakat sangat tinggi,” kata Iskandar.

Pihaknya menginisiasi kegiatan ini bersama Forkopimcam, kemudian berkolaborasi semua lembaga di kecamatan, Kades, dan sekolah. Semua pihak berswadaya bersama untuk melaksanakan kegiatan ini, karena memang anggarannya tidak ada.

Persiapan pun dilakukan dalam waktu lima hari, akan tetapi kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

Bahkan kegiatan ini, begitu semarak diikuti semua lapisan. Hal ini menurutnya, membuktikan kebersamaan dan antusiasme masyarakat. Selain itu dengan adanya kegiatan ini, lanjut dia, paling tidak bisa berdampak pedagang yang berjualan pada acara itu.

“Bisa untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat juga,” ujarnya.

Pihaknya pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap masyarakat Kuripan, DPRD, Forkopimcam, para kepala sekolah dan pihak terkait yang mendukung kegiatan ini.

“Insya allah tanggal 18 Maret ini kita adakan jalan sehat,” ujarnya.

Ke depan, pada HUT RI atau HUT Lobar selanjutnya, pihaknya telah merancanakan kegiatan yang lebih meriah dan agamis, yakni Kuripan Berzikir. (her)