Mal Pelayanan Publik Terkendala Anggaran

0

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kota Mataram sebelumnya merencanakan peresmian Mal pelayanan publik awal Januari 2023.  Pelaksanaannya sampai saat ini belum ada kepastian. Pengalokasian anggaran disinyalir menjadi kendala.

Pantauan Suara NTB, Sabtu, 11 Maret 2023 mal pelayanan publik ditempatkan di salah satu pusat perbelanjaan di Cakranegara. Fasilitas penduduk telah disiapkan, meskipun terbatas.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito mengaku telah mengalokasikan anggaran untuk mal pelayanan publik. Selanjutnya, menjadi kewenangan organisasi perangkat daerah (OPD) teknis untuk pelaksanaan di lapangan. “Anggaran sudah tidak ada masalah. Kita sudah alokasikan tahun ini,” kata Sekda.

H. Amiruddin

Sekda tidak mengetahui pasti belum beroperasinya mal pelayanan publik tersebut. Ia menyarankan agar mengkonfirmasi ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadau Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Mataram. “Coba tanya langsung ke pimpinan OPD. Apa yang menjadi kendala mereka kok sampai sekarang belum dieksekusi,” pintanya.

Kepala DPMPTSP Kota Mataram, Ir. H. Amiruddin dikonfirmasi akhir pekan kemarin mengatakan, mal pelayanan publik tetap akan diresmikan tahun ini. Pihaknya tidak bisa segera mengeksekusi karena anggarannya baru dialokasikan secara penuh pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2023. Ditargetkan, triwulan kedua  sudah bisa diresmikan. “Iya, anggarannya baru full tahun ini. Kita tinggal menunggu waktunya saja untuk eksekusi anggarannya,” katanya.

Pengadaan sarana-prasarana tidak bisa dilaksanakan karena harus menunggu aliran kas. Namun demikian, lokasinya telah terbangun dan tertata dengan baik. “Kita tunggu anggarannya dulu baru kita pengadaan,” jawabnya.

Mal pelayanan publik sebagai bentuk reformasi birokrasi guna penyelenggaraan layanan publik baik barang ataupun jasa pada suatu tempat dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, dan akuntabel. Hal ini menjadi komitmen dari pemerintah pusat terutama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pemkot Mataram merancang mal pelayanan publik akan melayani perizinan,pembayaran pajak, pengurus administrasi kependudukan, samsat,dan lain sebagainya. (cem)