Wabup Minta Kemenparekraf Dukung Pengembangan Lakey dan Tambora

0

Dompu (Suara NTB) – Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT meminta dukungan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk mendukung pengembangan obyek wisata pantai Lakey dan gunung Tambora. Pantai Lakey dengan gulungan ombaknya yang memukai peselancar, kini tengah diupayakan dapat terpilih sebagai lokasi tempat penyelenggaran kejuaraan selancar ombak tingkat dunia.

Hal itu disampaikan H. Syahrul Parsan, ST, MT pada acara Musrembang Kabupaten Dompu tahun 2023 di aula pendopo Bupati yang dihadiri langsung oleh Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Drs. Harwan Ekoncahyo Wirasto, MT. Wakil Bupati didampingi Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar, A.Md.Par langsung menyerahkan dokumen Perda rencana pengembangan pariwisata Kabupaten Dompu kepada Direktur Pengembangan Destinasi Regional II di sela acara Musrembang.

  1. Syahrul Parsan menyampaikan, dua destinasi unggulan pariwisata Kabupaten Dompu yaitu pantai Lakey dan gunung Tambora diharapkan mendapat perhatian pemerintah pusat untuk penyediaan infrastruktur dan fasilitas pendukung yang memadai. Sehingga ke depannya, Dompu dapat berperan sebagai penyangga, pendukung dan memetik manfaat dari Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) KEK Mandalika Lombok di sebelah barat dan DPSP Labuhan Bajo di sebelah timur.

Dua destinasi unggulan pariwisata Kabupaten Dompu ini, kata H. Syahrul berada di wilayah selatan Kabupaten Dompu untuk pantai Lakey dengan gulungan ombaknya yang begitu memukau dan menarik minat para peselancar dari berbagai belahan dunia. “Harapan dan ikhtiar yang sedang kami upayakan, semoga pantai Lakey dapat terpilih sebagai lokasi tempat penyelenggaraan kejuaraan selancar ombak tingkat dunia,” katanya.

Di sebelah barat wilayah kabupaten Dompu terdapat gunung Tambora dan pulau Satonda sebagai sebuah kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), taman nasional dan geopark. Sehingga dalam pemanfaatannya, gunung Tambora menjadi sebuah kawasan hasil sinergi dari warisan sejarah, geologi, ekologi, budaya, pengembangan ekonomi lokal yang diharapkan mampu memberikan nilai manfaat kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar gunung Tambora dan masyarakat Dompu pada umumnya.

Musrembang Kabupaten Dompu tahun 2023 ini juga dihadiri oleh Direktur Regional II Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas RI, Muhammad Roudo, ST, MPP, Ph.D secara online. Sehingga moment ini juga dimanfaatkan Wakil Bupati Dompu untuk mendorong percepatan realisasi pembangunan fisik pelabuhan Nusantara Kilo. Karena rencana pembangunan pelabuhan ini sudah masuk dalam RPJMN tahun 2020 – 2024 dan konstruksinya pada 2022 dan 2023.

“Melalui kesempatan ini, atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat kabupaten Dompu, kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada pemerintah pusat terutama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI, Kementerian Keuangan RI, dan Kementerian Perhubungan RI yang telah memperhatikan rencana pembangunan pelabuhan kilo sehingga Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Perhubungan Laut dapat menuntaskan rangkaian dokumen perencanaan yang menjadi Readiness Criteria (RC),” kata H. Syahrul Parsan, ST, MT.

Dari sisi kesiapan dokumen perencanaan, rencana pembangunan pelabuhan Kilo sudah siap dan tuntas. Sehingga Direktur dan jajarannya Kementrian PPN/Bappenas RI bisa menetapkan pembangunan pelabuhan Kilo masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2024 dan masuk dalam APBN tahun 2024. “Sebagai informasi buat bapak direktur, lokus pelabuhan kilo ini termasuk dalam Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN),” katanya. (ula)